Camping Ground Potrobayan, Area Berkembah Favorit Di Tepi Aliran Sungai Opak

4.5/5 - (2 votes)

Camping Ground Potrobayan merupakan tempat berkemah atau camping baru di alam dengan daya tarik alam berupa sungai dan perbukitan di selatan Jogja. Area camping ini sebelumnya digunakan sebagai sirkuit offroad untuk sepeda motor namun sepi peminat dan cukup terbengkalai lama. Saat ini area camping dikelola oleh pemuda yang tergabung dalam kepengurusan Desa Wisata Potrobayan.

Camping Ground Potrobayan beralamat di dusun Potrobayan, desa Srihardono, kecamatang Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Camping Ground Potrobayan berada di tepi aliran Sungai Opak yang berhulu dari puncak Gunung Merapi dan bermuara ke laut selatan tepatnya di sebelah barat Pantai Depok dan letak tempat ini cukup dekat dengan Monumen Gempa Potrobayan. Papan petunjuk arah lama bertuliskan arah menuju Sirkuit Offroad Potrobayan dan papan petunjuk baru bertuliskan Camping Ground Potrobayan. Rute termudah menuju tempat ini dari pasar Pundong ke arah timur hingga ujung dan sedikit masuk lewati area pemukiman penduduk hingga tiba di lokasi. Akses jalan cukup sempit namun dapat dilewati hingga kendaraan roda empat. Area parkir kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat disediakan agak jauh dari lokasi camping aar tidak merusak kontur tanah di sekitar area mendirikan tenda.

Area camping di Camping Ground Potrobayan terbawa dapat 2 (dua) zona atau kawasan dimana zona timur dan zona barat. Zona timur merupakan zona yang cukup favorit untuk camping bagi pengunjung dimana kondisi area camping yang landai dan dipenuhi rerumputan hijau, sedikit ilalang, area bebatuan di tepi sungai untuk mandi, dan yang paling utama adalah area terbaik untuk melihat matahari terbit atau sunrise. Sedangkan zona barat kurang favorit karena areanya masih dipenuhi oleh ilalang yang cukup tinggi dan pemandangan matahari terbenam atau sunset agak sedikit terhalang dari area ini.

Aturan untuk camping atau berkemah di Camping Ground Potrobayan sama seperti aturan di tempat lain dimana harus menjaga kebersihan dan tata krama. Selain itu kendaraan pengunjung juga dilarang memasuki area camping dan dipersilakan parkir di tempat yang telah disediakan. Hanya saja masih ada beberapa pengunjung yang melanggar aturan ini dan tetap membawa masuk kendaraannya. Fasilitas pendukung Camping Ground Potrobayan tergolong cukup mulai dari area parkir kendaraan roda dua dan roda empat, area camping, kamar mandi umum, dan pos keamanan dari pengelola. Untuk penerangan dan daya listrik tidak disediakan untuk menjaga kawasan camping tetap alami dan tidak terkesan modern seperti obyek wisata yang lain.

Baca Juga  Susur Sungai Bengawan Solo : Fenomena Rusaknya Lingkungan dan Potret Masyarakat Pesisir Sungai

Biaya yang dikeluarkan untuk mendirikan tenda dan camping di tempat ini masih sukarela dan belum menggunakan tarif seperti di Ledok Sambi, Hutan Pinus Asri (Mangunan), Gunung Api Purba Nglanggeran, atau sebagainya. Sedikit saran bila ingin camping atau berkemah pada weekend atau akhir pekan diharapkan menghubungi pengelola terlebih dahulu karena banyaknya pengunjung. Waktu yang tepat untuk camping atau berkemah di tempat ini pada musim kemarau dimana aliran Sungai Opak terlihat lebih tenang dan tidak berbahaya. Secara keseluruhan Camping Ground Potrobayan dapat menjadi salah satu tempat berkemah selain area pegunungan dan pantai di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Camping Ground Potrobayan
Dusun Potrobayan, desa Srihardono, kecamatang Pundong, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Parkir Motor : Seikhlasnya
Parkir Mobil : Seikhlasnya

Kirim pendapat