Cairan Anti Bocor Ban Untuk Skuter Listrik, Efektifkah?

Bisakah Skuter Elektris Menggunakan Cairan Anti Bocor Ban?

Bisa, skuter elektris yang menggunakan ban angin (air tire) baik menggunakan ban dalam ataupun tanpa menggunakan ban dalam (tubeless tyre) dapat menggunakan cairan anti bocor ban.

Apa Fungsi Cairan Anti Bocor Ban?

Cairan anti bocor ban bila disuntikan ke dalam ban bisa seketika menutup kebocoran sesaat setelah tertusuk paku atau benda tajam lain.

Daftar produk Cairan Anti Bocor Ban

Produk cairan anti bocor ban cukup beragam mulai dari M-One, IML, Federal, Archele, dan sebagainya. Produk cairan anti bocor ban khusus skuter elektris antara lain Slime tyre sealant dan Armor-dilloz tyre sealant.

Seberapa Efektif Skuter Elektris Menggunakan Cairan Anti Bocor Ban?

Cairan anti bocor ban cukup efektif bekerja bila terjadi kebocoran ban akibat tusukan benda tajam seperti paku, jarum, dan sebagainya dengan lebar tusukan dibawah 1-3mm. Namun cairan ini mungkin tidak berfungsi bila kerusakan ban cukup parah semisal tusukan benda tajam cukup lebar atau besar dan ban mengalami sobek yang memanjang. Selain itu cairan anti bocor ini bersifat sementara atau tidak permanen dimana hanya menahan laju keluarnya angin dari dalam ban dalam waktu yang lebih lama sehingga ban yang bocor mungkin dapat digunakan hingga sampai tujuan.

Efek Negatif Skuter Elektris Menggunakan Cairan Anti Bocor Ban?

  • Dinamo mesin roda bekerja lebih berat karena beban roda bertambah dengan isi cairan anti bocor. Akibatnya dinamo dalam mengalami overheat (panas berlebih) dan skuter elektris mati otomatis
  • Masa pakai ban lebih singkat karena cairan anti bocor memperpendek usia penggunaan ban
  • Merusak kepala pentil (karet pentil jadi keras) dalam jangka waktu lama
Baca Juga  Penasaran Skuter Listrik Harga 1 Jutaan? Ini Daftarnya

Apakah Saya (Pribadi) Memakai Cairan Anti Bocor Ban?

Saya pernah mencoba sekali memakai cairan anti bocor ban untuk sepeda motor. Saat ini tidak memakainya baik untuk sepeda motor dan skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro. Namun saat ini, saya lebih memilih TIDAK meenggunakan cairan anti bocor dan memilih menambal ban bila bocor karena bagi saya banyak kekurangannya daripada kelebihannya.

Kesimpulan

Ban skuter elektris/skuter listrik yang mengalami kebocoran akibat tertusuk paku atau benda tajam lainnya tetap saja harus ditambal walaupun kebocoran sementara masih dapat diatasi oleh cairan anti bocor ban. Belum ada produsen skuter elektris yang merekomendasikan penggunaan cairan anti bocor ban ini karena banyak keluhan yang diakibatkan penggunaan cairan ini. Pengguna tetap disarankan melakukan penambalan ban atau penggantian ban apabila terjadi kebocoran pada ban.

PERTANYAAN DAN JAWABAN

Q: Apakah cairan anti bocor untuk skuter listrik layak untuk dibeli?

A : TIDAK, lebih banyak sisi negatifnya daripada sisi positif

Q : Apakah Armor-Dilloz Tube Sealant layak untuk dibeli?

A : TIDAK, harganya terlalu mahal dan tidak sebanding dengan apa yang didapat

Q : Apakah Slime Tube Sealant layak untuk dibeli?

A : TIDAK, harganya terlalu mahal dan tidak sebanding dengan apa yang didapat

Kirim pendapat