Cagar Alam Teluk Baron Gunungkidul

Cagar Alam Teluk Baron Gunungkidul
3 (60%) 1 vote

Cagar Alam Teluk Baron merupakan kawasan tepi pantai yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi dan suaka alam di daerah pantai selatan Gunungkidul. Keberadaannya lebih dikenal sebagai kawasan wisata pantai dan dahulu pernah menjadi salah satu wisata pantai favorit.

Cagar Alam Teluk Baron terletak di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Lokasi Cagar Alam Teluk Baron berada di dalam kawasan Pantai Baron Gunungkidul. Rute menuju cagar alam ini dari kota Yogyakarta ke arah kota Wonosari melalui Jalan Wonosari. Saat tiba di kota Wonosari ikuti petunjuk jalan menuju kawasan Pantai Baron.

Cagar Alam Teluk Baron merupakan kawasan tepi pantai yang terdiri dari dua sisi perbukitan karang atau kapur yang membentuk teluk kecil. Ombak khas pantai selatan yang keras sering kali menerpa dinding perbukitan tersebut. Flora dan fauna yang banyak ditemukan di kawasan ini khas pantai selatan pulau Jawa. Salah satu tanaman yang cukup menonjol dan banyak ditemukan di area ini adalah pohon pandan laut (Pandanus odorifer). Untuk fauna sendiri banyak ditemukan beberapa jenis serangga dan burung-burung liar. Hanya saja populasi burung tersebut tidak sedikit karena banyak bermigrasi ke tempat lain yang jauh dari aktivitas manusia. Saat ini kondisi Cagar Alam Telur Baron sudah banyak dipengaruhi oleh campur tangan manusia dengan pembangunan fasilitas wisata di kawasan tersebut. Tidak banyak yang mengetahui kalau sebagian area pantai merupakan kawasan cagar alam. (text/foto: annosmile)

DATA LOKASI

  • Unit Pelaksana Teknis : BKSDA Yogyakarta
  • Provinsi : DI Yogyakarta
  • Kabupaten : Gunungkidul
  • Luas : 2,00 hektar
  • No. SK : SK GB 379/321/16
  • Tanggal SK : 24 Maret 1993

Kirim pendapat