Bus Sungailiat-Belinyu, Transportasi Penghubung Dua Wilayah Di Kabupaten Bangka

Bus Sungailiat-Belinyu, Transportasi Penghubung Dua Wilayah Di Kabupaten Bangka
2 (40%) 1 vote[s]

Bus Sungailiat-Belinyu merupakan satu-satunya transportasi umum yang menghubungkan ibukota kabupaten Bangka yaitu Sungailiat dengan ibukota kecamatan Belinyu. Bus dengan kelas ekonomi ini beroperasi dari pagi hari hingga sore hari dengan interval waktu setiap satu hingga dua jam sekali. Jarak tempuh yang dilalui bus ini adalah sekitar 50 kilometer.

Suasana Bus Jurusan Sungailiat-Belinyu

Calon penumpang Bus Sungailiat-Belinyu tidak disarankan untuk menaiki bus ini dari Terminal Bus Sungailiat yang berada di pusat kota. Hal ini dikarenakan bus ini terlalu lama ngetem atau parkir di dalam terminal. Selain itu kondisi terminal terkesan kurang aman dan rawan terjadi tindak kejahatan. Rata-rata penumpang bus ini menunggu di tepi jalan atau menunggu bus tersebut keluar dari pintu terminal. Sopir dan kernet bus ini sudah hafal dan memelankan laju kendaraan ketika melewati tempat yang biasa digunakan penumpang untuk menunggu bus.

Armada bus yang digunakan oleh bus jurusan Sungailiat-Belinyu adalah bus kecil atau minibus dengan kapasitas penumpang sekitar 25-30 orang. Kondisi tempat duduk penumpang cukup sempit dan berhimpit. Selain itu bus ini tidak dilengkapi dengan pendingin udara atau AC dan hanya tersedia jendela kaca yang dapat dibuka tutup. Hal yang menarik dari bus ini adalah hiburan full musik dengan volume suara yang cukup keras. Waktu tempuh perjalanan dari Sungailiat menuju ke Belinyu sekitar 2 (dua) jam dengan kecepatan sedang. Penumpang bebas meminta bus berhenti di tepi jalan sesuai tempat yang akan mereka tuju. Pertigaan utama menuju kota Munthok menjadi tempat ngetem atau berhenti sejenak bus ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Belinyu. Pada pertigaan tersebut, beberapa penumpang berpindah bus jurusan Belinyu-Munthok begitu kebalikannya. Tempat pemberhentian terakhir bus ini di Belinyu berada di ujung Pasar Belinyu. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat