Banyumas-Yogyakarta Dengan Bus Efisiensi

Bus Efisiensi merupakan salah satu transportasi favorit yang menghubungkan antara Banyumas (Purwokerto) dengan Yogyakarta. Keberadaannya mendapat respon positif bagi pengguna jasa transportasi umum berkat armada bus yang baru dan terawat baik, ketepatan waktu perjalanan, dan fasilitas yang diberikan. Saat ini sebagian besar orang lebih menyarankan transportasi Bus Efisiensi daripada transportasi lain seperti bus ekonomi dan travel.

Bus Efisiensi merupakan salah satu bus umum yang melayani trayek Banyumas (Purwokerto) – Yogyakarta PP. Bus Efisiensi berkelas bus patas-ac yang tidak berhenti disembarang tempat untuk menaikkan penumpang seperti bus kecil dan bus ekonomi.

Bus Efisiensi Di Rest Area

Calon penumpang Bus Efisiensi dipersilakan menuju kantor perwakilan, pool, dan agen resmi untuk membeli tiket sekaligus naik bus. Bus Efisiensi tidak berangkat dari terminal di daerah pemberangkatan dan pemberangkatan dimulai dari pool bus (pemberhentian bus) di daerah tersebut. Bus ini tidak melayani penumpang untuk naik disembarang tempat seperti bus-bus ekonomi yang lain. Selain pembelian tiket secara langsung, kantor perwakilan dan agen resmi juga melayani pemesanan tiket Bus Efsiensi pada hari-hari yang ditentukan oleh calon penumpang. Untuk saat ini PO Efisiensi belum melayani pembelian tiket secara online di internet.

Saat membeli tiket Bus Efisiensi, calon penumpang mendapat beberapa pilihan jurusan bus, waktu kedatangan dan keberangkatan, serta tempat nomor duduk. Harga tiket yang dibayarkan sesuai harga tiket yang tercantum dalam tiket bus Efisiensi. Penumpang dipersilakan menunggu kedatangan Bus Efisiensi di ruang tunggu agen. Bila tidak ada kendala dalam perjalanan, kedatangan Bus Efisiensi ke agen-agen untuk menjemput penumpang cukup tepat waktu dengan perkiraan waktu meleset sekitar 15 menit.

Pembelian tiket Bus Efisiensi dapat dilakukan di kantor perwakilan dan agen resmi PO Efisiensi yang tersebar di beberapa titik wilayah selatan Jawa Tengah. Saat ini PO Efisiensi belum melayani pembelian tiket secara online di internet dan pembelian tiket diluar agen resmi.

Suasana Bus Efisiensi

Menjelang kedatangan Bus Efisiensi, penumpang diharapkan bersiap-siap untuk menaiki bus yang membawa mereka ke tujuan yang mereka pilih. Penumpang yang memasuki bus diharapkan duduk sesuai nomor tempat duduk yang tercantum dalam tiket. Sedikit informasi, Bus Efisiensi tidak melayani penumpang dengan tiket berdiri atau tiket tanpa tempat duduk. Kondektur bus mendatangi penumpang untuk melakukan pengecekan tiket dan menanyakan tujuan perjalanan yang mereka inginkan.

Baca Juga  Pengalaman Naik Kereta Api Senja Utama Yogyakarta

Saat melanjutkan perjalanan, kondektur bus membagikan botol air mineral kepada masing-masing penumpang. Keberadaan botol air mineral ini merupakan bagian dari pelayanan Bus Efisiensi. Namun konsumsi yang diberikan tidak dilengkapi dengan snack atau makanan ringan. Pada awal peluncuran trayek Bus Efisiensi, pengelola sempat memberikan layanan ar minum dan beberapa macam snack sekaligus. Hal ini sepertinya menjadi kebijakan PO Efisiensi untuk penghematan karena kenaikan harga bahan bakar (BBM).

Kelebihan Bus Efisiensi adalah bus AC dengan armada baru dan tempat duduk yang nyaman, fasilitas pendukung terawat baik, dan ketepatan waktu kedatangan serta keberangkatan. Kekurangan Bus Efisiensi adalah tarif tiket cukup mahal dan harga tiket flat (rata) sekali jalan untuk tujuan berbeda.

Rest Area Milik PO Efisiensi

Perjalanan Bus Efisiensi berkelas Patas-AC ini tidak berhenti disembarang tempat di tepi jalan kecuali menaikkan penumpang dari kantor agen dan menurunkan penumpang di pinggir jalan yang mereka kehendaki. Laju Bus Efisiensi terlihat cepat dan lincah namun tetap memperhatikan keselamatan penumpang. Separuh perjalanan telah dilalui dan Bus Efisiensi berhenti sejenak di rest area milik PO Efisiensi. Salah satu rest area tersebut berada di wilayah kabupaten Kebumen. Penumpang bus diberi waktu sejenak untuk beribadah, ke toilet, atau memberi makanan di kios yang ada di rest area. Kondisi rest area milik PO Efisiensi ini cukup bersih, terawat, dan membuat nyaman penumpang yang memanfaatkan fasilitas yang tersedia.

Baca Juga  Tradisi Tahunan Merti Dusun Gunturan Bantul

Perjalanan menaiki Bus Efisiensi dilanjutkan hingga tujuan akhir yaitu Pool Bus Efisiensi di Yogyakarta. Bus Efisiensi tidak melayani pemberhentian bus hingga Terminal Giwangan Yogyakarta. Posisi Pool Bus Efisiensi di Yogyakarta berada di daerah Ambarketawang, tepatnya di Jalan Wates Yogyakarta. Lokasi Pool Bus Efisiensi Yogyakarta cukup jauh dari pusat kota dan pemberhentian bus umum. Namun keberadaan shuttle bus milik Bus Efisiensi yang mengantarkan penumpang ke pusat kota seperti Malioboro dan Bandara Adi Sucipto secara gratis cukup membantu penumpang. Kesan pertama saat menaiki Bus Efisiensi cukup nyaman dan tepat waktu. Hal yang menjadi pertimbangan dalam menaiki Bus Efisiensi adalah harga tiket flat sekali jalan yang lebih mahal dibandingkan menaiki bus lain bertrayek sama. (text/foto: annosmile)

== Informasi Lebih Lanjut

INFORMASI
Harga Tiket
Dewasa : Rp 70.000,-/orang (update Januari 2015)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    mangkaaat maneh yuuukk..

  2. Idah Ceris:

    Sayang banget, blm ada bus jurusan wsb-jgj yg langsungan e. Musti pedot2.

Kirim pendapat