Bukit Sindet Bantul, Menikmati Senja Dengan Cara Sederhana

Bukit Sindet Bantul, Menikmati Senja Dengan Cara Sederhana
4 (80%) 4 votes

Bukit Sindet merupakan salah satu puncak perbukitan yang berada di daerah Jetis Bantul. Pada mulanya bukit ini merupakan area tambang batu kapur di sekitar Bantul namun aktivitasnya sudah dihentikan. Pemerintah daerah setempat mengembangkan kawasan ini sebagai area perumahan sederhana dan masih menyisakan beberapa area kosong yang menarik digunakan untuk menikmati matahari terbenam.

Bukit Sindet terletak di desa Trimulyo, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

suasana-sekitar-bukit-sindet-bantul

Lokasi Bukit Sindet berada di daerah perbukitan di kecamatan Jetis Bantul. Rute mudahnya dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Ikutilah Jalan Imogiri Timur hingga km 12 dan carilah papan petunjuk arah menuju perumahan Sindet. Sesampai di kawasan perumahan Sindet ikuti jalan terus yang mengarah ke atas bukit atau mengarah ke blok perumahan sisi timur. Kondisi jalan sudah lebar namun sebagian mengalami kerusakan. Pada ujung area perumahan ada sebuah area bekas tambang dengan pemandangan terbuka dan disitulah tempat favorit menikmati pemandangan ketinggian dari puncak Bukit Sindet.

menara-sutet-dari-bukit-sindet-bantul

Bukit Sindet Bantul sebenarnya merupakan bekas tambang bukit kapur dimana sebagian areanya sudah dibangun sebagai perumahan. Kondisinya tidak jauh beda dengan Bukit Bego Kedung Buweng yang berada di tepi Jalan Imogiri-Dlingo. Ketinggian bukit ini cukup tinggi dan hampir setara dengan ketinggian puncak bukit Makam Raja-Raja Imogiri. Pemandangan dari atas bukit ini bisa ke segala penjuru mata angin, namun yang paling menarik adalah sisi sebelah barat dan sebelah utara. Bila pengunjung melihat ke arah barat akan melihat pemandangan area perumahan sebelah bawah yang terlihat kecil dan area persawahan. Sedangkan bila melihat ke arah utara akan melihat taing-tiang menara SUTET yang saling berkaitan.

matahari-terbenam-dari-bukit-sindet-bantul

Kawasan Bukit Sindet mulai ramai dikunjungi saat sore hari atau menjelang matahari terbenam. Rata-rata pengunjung berasal dari warga perumahan setempat atau tetangga desa yang letaknya cukup dekat dengan bukit ini. Mereka datang itu sekedar bersantai, bertemu dengan tetangga, hingga mengajak jalan-jalan putra putri mereka yang masih kecil disekitar rumah mereka. Bagi mereka, tempat ini cukup memberikan daya tarik karena dapat melihat secara jelas momentum matahari terbenam di ujung barat. Walaupun mungkin tidak seindah tempat lain atau perbukitan lain yang menjadi primadona wisata di Bantul seperti Bukit Bintang atau Bukit Watulumbung. Setelah mendengar adzan maghrib berkumandang, mereka berangsur-angsur meninggalkan lokasi untuk kembali ke rumah.

Fasilitas pendukung wisata tidak tersedia di kawasan Bukit Sindet karena memang belum dikembangkan menjadi obyek wisata seperti halnya kawasan perbukitan lain di sekitar Bantul. Secara keseluruhan Bukit Sindet Bantul dapat menjadi alternatif tempat menikmati momentum matahari terbenam yang murah meriah dan bebas biaya. Selain itu jarak tempuhnya lebih dekat dibandingkan dengan Bukit Bego ataupun Puncak Pinus Becici yang berada di perbukitan Dlingo. Pengunjung diharapkan mengamankan kendaraannya sendiri karena bukit ini tidak ada petugas parkir. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mysukmana:

    wah cara sederhana tapi sunsetnya gak kalah sama yang ditempet2 menarik ya.. mataharinya bisa gede gitu, awannya jg ada yang di belakng, ini tandanya bumi itu darat :D

    • admin:

      Hi mysukmana,
      Iya mas kadang tempat biasa memiliki keindahan yg tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata bila diperhatikan dengan seksama :-)

  2. nbsusanto:

    loh sunsetnya syahdu mas.. paling suka kombinasi matahari terbenam dengan menara SUTET.. :D

    • admin:

      Hi nbsusanto,
      Iya pas banget moment sunsetnya :-)

Kirim pendapat