Bukit Pronojiwo Kaliurang, Gardu Pandang Dan Melihat Panorama Gunung Merapi Dari Atas Bukit

Bukit Pronojiwo Kaliurang, Gardu Pandang Dan Melihat Panorama Gunung Merapi Dari Atas Bukit
3.5 (70%) 4 votes

Bukit Pronojiwo Kaliurang merupakan salah satu daya tarik wisata Taman Wisata Plawangan Turgo yang masuk wilayah Taman Nasional Gunung Merapi. Pesona yang ditawarkan dari Bukit Pronojiwo ini adalah melihat pemandangan Gunung Merapi dari atas bukit yang berada di sisi barat daya gunung. Saat ini di area puncak Bukit Pronojiwo telah dibangun gardu pandang untuk mempermudah pengamatan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

Bukit Pronojiwo (Pronojiwo Hill) merupakan bukit yang terletak di sebelah timur Bukit Plawangan, kawasan Taman Wisata Plawangan Turgo bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi. Bukit ini secara administratif terletak di desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Perjalanan Menuju Puncak Bukit Pronojiwo Kaliurang Sleman

Letak Bukit Pronojiwo Kaliurang berada di dalam Taman Wisata Plawangan Turgo yang berada di sisi timur Kaliurang atau lebih dikenal sebagai kawasan Tlogo Putri (sebagian menyebutnya dengan nama Tlogo Muncar). Dari area parkir Tlogo Putri ikuti jalan melewati area pasar tradisional Tlogo Putri hingga ujung jalan. Pada ujung jalan terdapat gapura masuk Taman Wisata Plawangan Turgo atau saat ini dikenal Hutan Wisata TNGM Kaliurang. Setelah membayar retribusi, ikutilah papan petunjuk arah menuju ke puncak Bukit Pronojiwo Kaliurang.

Ada dua pilihan jalur menuju Puncak Bukit Pronojiwo Kaliurang, pertama melewati tangga yang berada di samping Air Terjun Muncar (Tlogo Muncar) Kaliurang dan kedua melewati jalan setapak di dekat pintu masuk. Jalur kedua yang dekat dengan pintu masuk merupakan jalur favorit pengunjung karena medan jalan lebih landai dan tidak curam. Akhirnya dipilih jalur kedua yang lebih landai walaupun sedikit lebih jauh jaraknya yaitu sekitar 700 meter.

Kondisi Hutan Bukit Pronojiwo Kaliurang Sleman Tahun 2015

Jalan setapak menuju puncak Bukit Pronojiwo Kaliurang sebagian mengalami kerusakan dan belum diperbaiki. Kerusakan jalan yang terjadi diakibatkan tanah longsor di sekitar bukit dan tumbangnya pohon besar. Kondisi ini memaksa dibuatkan akses jalan baru yang sedikit lebih jauh dan memutar. Beberapa batang pohon besar masih dibiarkan teronggok di pinggir jalan setapak dan belum dibersihkan. Pengunjung diharapkan berhati-hati dalam melangkah dan segera kembali ke pintu masuk bila cuaca mulai hujan atau berkabut.

Gardu Pandang Bukit Pronojiwo Kaliurang Sleman

Suasana Bukit Pronojiwo Kaliurang terlihat gersang karena banyak tumbuhan yang rusak dan mati. penyebab kerusakan hutan di kawasan Bukit Pronojiwo konon disebabkan oleh hujan abu vulkanik yang melanda kawasan ini pada tahun 2010 dari Gunung Merapi dan tahun 2014 dari Gunung Kelud Jawa Timur. Sebagian lagi disebabkan oleh hujan deras yang menyebabkan tanah longsor di sekitar kawasan bukit. Belum ada informasi rencana penanaman kembali kawasan hutan di sekitar Bukit Pronojiwo Kaliurang agar kembali sejuk dan lestari.

Pemandangan Gunung Merapi Tertutup Kabut Di Gardu Pandang Bukit Pronojiwo Kaliurang Sleman

Bukit Pronojiwo Kaliurang memiliki ketinggian lebih rendah dibandingkan dengan Bukit Plawangand an Bukit Turgo. Kawasan puncak Bukit Pronojiwo Kaliurang ditandai dengan bangunan gardu pandang dengan konstruksi rangka baja. Dari gardu pandang dengan dua tingkat tersebut, pengunjung dapat melihat pemandangan atau panorama Gunung Merapi secara jelas tanpa terhalang bukit dan pepohonan yang ada disekitarnya. Waktu yang tepat untuk mengamati Gunung Merapi dari tempat ini adalah pagi hari. Menjelang siang hari hingga sore hari, Gunung Merapi tertutup kabut tebal hingga dasar gunung sehingga tidak tampak.

Monyet Liar Di Sekitar Bukit Pronojiwo Kaliurang Sleman

Pada waktu-waktu tertentu, gardu pandang Bukit Pronojiwo juga digunakan sebagai Pos Menara Pengawasan Obyek Wisata Alam Plawangan Turgo untuk mengawasi aktivitas Gunung Merapi. Lokasi gardu pandang ini paling dekat dengan Gunung Merapi diantara gardu pandang lain yang dibangun di sekitar kawasan wisata alam Kaliurang.

Disekitar gardu pandang Bukit Pronojiwo banyak ditemukan kera liar. Beberapa ekor kera liar bergelantungan di pohon-pohon dekat menara pandang. Sesekali pengunjung ada yang memberi makan mereka. Kicauan burung liar masih terdengar di kawasan ini. Pengunjung diharapkan tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini dan membawa sampah kembali ke area pintu masuk yang terdapat bak pembuangan sampah. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bukit Pronojiwo (Pronojiwo Hill)
Taman Wisata Plawangan Turgo, Taman Nasional Gunung Merapi, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 8.500,-/orang

Kirim pendapat