Bukit Ngleseh, Wisata Alternatif Perbukitan Segoroyoso

Bukit Ngleseh atau Puncak Ngleseh merupakan salah satu puncak perbukitan yang berada di daerah Pleret Bantul. Keberadaannya belum lama dikembangkan sebagai obyek wisata dan baru dimulai sejak pertengahan tahun 2021. Daya tarik yang ditawarkan oleh wisata perbukitan ini adalah sebagai lokasi menikmati matahari terbit, matahari terbenam, menikmati lampu-lampu kota pada malam hari, dan jajanan khas pedesaan.

Bukit Ngleseh beralamat di dusun Srumbung, desa Segoroyoso, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Bukit Ngleseh berada di daerah perbukitan sebelah selatan kecamatan Pleret Bantul. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan menuju ke Jalan Imogiri Timur melewati Terminal Bus Giwangan Yogyakarta. Memasuki perempatan Jejeran ambil jalan ke arah timur atau arah kiri menuju ke Pleret. Ikuti jalan hingga ujung ada sebuah pertigaan kecil pilih jalan ke kanan menuju ke arah Segoroyoso. Setelah melewati jembatan Sungai Oyo ada sebuah pertigaan ambil jalan ke kanan. Ikuti jalan tersebut lurus dan menanjak hingga tiba di kawasan Puncak Bukit Ngleseh. Akses jalan yang dilalui dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Hanya saja kondisi jalan sebagian masih rusak dan mendekati lokasi masih berupa jalan tanah.

Puncak Ngleseh secara geografis berupa bukit yang dikelilingi dataran rendah sehingga dapat melihat pemandangan dari ketinggian dari sebagai penjuru arah. Pemandangan dari tempat ini menghadap ke arah barat, utara, dan timur. Puncak perbukitan ini memiliki ketinggian yang hampir sama dengan Puncak Sosok yang berada di sebelah timur lautnya. Pemandangan ke arah sisi timur akan melihat pemandangan perbukitan seribu dan matahari terbit dari balik bukit. Pemandangan ke arah utara akan melihat Gunung Merapi yang terlihat jelas bila tidak tertutup kabut atau wan. Sedangkan pemandangan ke arah barat yang terlihat seperti area persawahan, pemukiman warga, dan pemandangan matahari terbenam. Daya tarik wisata ini diresmikan pada tanggal 04 Juni 2021 diawali dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng oleh pokdarwis serta perangkat desa setempat.

Pengunjung Puncak Ngleseh sebagian besar merupakan orang-orang yang tinggal di dekat kawasan ini dan para pesepeda yang menggunakan rute menuju ke kawasan ini. Fasilitas pendukung yang saat ini baru tersedia sebenarnya sudah cukup mulai dari area parkir, warung makan, kamar mandi umum, pagar pengaman di tepi tebing, Warung makan yang ada di kawasan ini menyediakan menu teh, kopi, dan gorengan yang cocok dinikmati pada waktu sore hari hingga malam hari. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau untuk para anak muda yang bisa nongkrong di tempat tersebut.

Sebagai obyek wisata yang sedang dirintis, Bukit Ngleseh masih banyak kekurangan mulai dari akses jalan yang masih tanah, area parkir yang seadanya, kawasan yang belum tertata baik, hingga hiburan untuk menghibur pengunjung. Pengelola masih berusaha mengatasi kekurangan kawasan ini agar bisa menarik banyak pengunjung seperti Puncak Sosok. Secara keseluruhan Puncak Ngleseh dapat menjadi salah satu pilihan alternatif Puncak Sosok yang sudah ramai dikunjungi wisatawan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Welcome to Dieng Plateau 2093 M
INFORMASI
Bukit Ngleseh
Dusun Srumbung, desa Segoroyoso, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta