Bukit Mojo Gumelem, Alternatif Menikmati Senja Di Mangunan

Bukit Mojo Gumelem merupakan daya tarik wisata perbukitan pelengkap dari Bukit Panguk Kediwung Bantul. Bukit ini keberadaannya belum lama dikembangkan menjadi obyek wisata bersamaan dengan pengembangan kawasan wisata di Mangunan. Wisata alam ini cocok digunakan sebagai tempat menikmati senja dan matahari terbenam karena posisinya menghadap ke arah barat.

Bukit Mojo Gumelem terletak di Gumelem, desa Kediwung, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Bukit Mojo Gumelem Bantul  berada di kawasan perbukitan Dlingo sebelah timur kabupaten Bantul. Letak obyek wisata ini berada disebelah barat dari Bukit Panguk Kediwung dan sebelah timur dari Bukit Mangunan. Rute menuju Bukit Mojo Gumelem hampir sama seperti rute menuju Bukit Panguk Kediwung. Dari kota Jogja menuju ke arah selatan mengikuti petunjuk arah Kebun Buah Mangunan yang banyak ditemukan di beberapa persimpangan jalan. Bila masih bingung ikuti Jalan Imogiri Timur yang berada di sebelah selatan Terminal Giwangan hingga menemukan pertigaan jalan Pasar Imogiri. Ikuti jalan ke arah kiri pada sebuah pertigaan menuju ke Kebun Buah Mangunan hingga tiba di persimpangan kantor desa Mangunan.

Dari persimpangan kantor desa Mangunan pilih ke arah kanan menuju ke arah Kebun Buah Mangunan. Sebelum memasuki gerbang Kebun Buah Mangunan ada pertigaan ambil jalan ke arah kiri menuju ke wisata Goa Gajah, Tebing Watu Mabur, dan Bukit Panguk Kediwung. Petunjuk terakhir ada pertigaan lagi ambil jalan ke kanan mengikuti petunjuk arah Bukit Mojo Gumelem hingga tiba di lokasi. Kondisi jalan sebagian masih berupa jalan batu namun kondisinya landai dan dapat dilewati kendaraan beroda empat seperti mobil dan minibus.

Baca Juga  Curug Banyunibo Pajangan, Potensi Wisata Lokal Di Bantul

Bukit Mojo Gumelem diresmikan dan mulai dibuka menjadi obyek wisata pada tanggal 24 Juli 2016. Obyek wisata ini menggunakan area milik Dinas Kehutanan yang ditanami pohon jati. Posisi bukit ini berada di tepi perbukitan yang menghadap aliran Sungai Oyo pada bagian bawahnya. Namun pemandangan Sungai Oyo dari tempat ini tidak seluas wisata perbukitan lain karena terhalang bukit kecil pada bagian bawahnya. Pengelola mengembangkan kawasan wisata ini seperti obyek wisata lain disekitar Mangunan dimana memberikan daya tarik wisata tempat berfoto atau selfie dengan latar pemandangan perbukitan.

Spot selfie Bukit Mojo Gumelem terdiri dari beberapa macam spot yang dibangun memanjang di tepi jurang yang menghadap ke aliran Sungai Oyo. Salah satu ikon spot selfie Bukit Mojo yang cukup ramai beredar di dunia maya (internet) adalah spot selfie bunga raksasa. Spot selfie di atas bunga raksasa yang berjenis bunga matahari ini memang baru dimiliki oleh Bukit Mojo Gumelem saja. Sedangkan spot selfie lain yang berada di bukit ini bisa dibilang meniru obyek wisata lain seperti spot selfie jembatan bambu, spot selfie kapal seperti ikon wisata Jurang Tembelan Kanigoro, dan spot selfie gardu pohon. Untuk berfoto selfie diatas spot bunga dan spot kapal, pengunjung ditarik retribusi untuk pengelolaan sedangkan yang lain bebas digunakan tanpa biaya.

Peristiwa matahari terbenam atau sunset di Bukit Mojo Gumelem sebenarnya tidak sempurna karena di ujung sebelah barat ada jajaran pegunungan dan perbukitan. Namun dari tempat ini pengunjung masih bsai menikmati semburat senja apabila cuaca sedang bagus. Bila ingin mendapatan pemandangan senja atau matahari terbenam paling baik dan tidak terhalang bukit di daerah Mangunan disarankan mengunjungi oyek wisata Jurang Tembelan Kanigoro. Secara keseluruhan Bukit Mojo Gumelem dapat menjadi alternatif pilihan tempat menikmati matahari terbenam setelah Jurang Tembelan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bukit Mojo Gumelem
Gumelem, Desa Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*
Parkir Motor : Rp 3.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-
Spot Selfie Bunga Matahari : Rp 3.000,-
Spot Selfie Kapal : Rp 3.000,-
SPot Selfie Sarang Burung : Rp 3.000,-

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Yugo:

    Kok bagus? ini kapan ke sananya? :o

    Terakhir ke sana belum ada gardu pandang model perahu dan kembang-kembang.

    • admin:

      Hi Yugo,
      Beberapa hari yang lalu mas, sepertinya belum lama selesai dibangun :-)

  2. Dwi Susanti:

    Duluu, plang bukit mojo cuma pada dilirik saja ketika pengunjung mau ke kediwung. Tapi sekarang sudah lumayan ramai karena spotnya diupdate trs sama pengelola.

    Pas ke sana kmrn sempat liat beberapa batang pohon mojo nya mas :)

  3. susanti:

    ulasannya bagus. jadi pengin kesana.
    terimakasih infonya min :))

    • admin:

      Hi susanti,
      Silakan dikunjungi sebelum ramai ya :-)

Kirim pendapat