Bukit Mangunan, Pesona Sunrise Dan Negeri Diatas Awannya Jogja

Puncak Bukit Mangunan merupakan salah satu pilihan utama menikmati matahari terbit atau sunrise dari atas bukit di sekitar wilayah Bantul dan Yogyakarta. Pemandangan yang ditawarkan tempat ini cukup indah dengan latar pemandangan aliran Sungai Oyo yang bekelok-kelok berbentuk huruf “S” dan kabut ytebal yang membuat suasana seperti diatas awan. Tidak heran bila bukit ini dikenal sebagai negeri diatas awannya Jogja atau Bantul.

Bukit Mangunan berada di dalam kawasan Kebun Buah Mangunan, dusun Mangunan, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Suasana Puncak Bukit Mangunan Dlingo Sebelum Matahari Terbit

Rute menuju Bukit Mangunan Bantul cukup mudah dengan mengikuti petunjuk arah menuju Kebun Buah Mangunan yang banyak ditemukan di beberapa persimpangan jalan. Bila masih bingung ikuti Jalan Imogiri Timur yang berada di sebelah selatan Terminal Giwangan hingga menemukan pertigaan jalan tanpa lampu lalulintas. Ikuti jalan ke arah kiri menuju ke Kebun Buah Mangunan hingga tiba di pintu masuk.

Saat ini Kebun Buah Mangunan telah buka lebih awal yaitu mulai jam 4 (empat) pagi untuk memenuhi permintaan pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit dari kawasan ini. Sekitar jam tersebut biasa petugas jaga mulai menyapu sekitar kawasan Kebun Buah Mangunan dan kadang portal masuk masih tertutup. Pengunjung tidak perlu panik dan segera melapor kepada petugas yang ada untuk meminta izin masuk untuk menikmati matahari terbit dari atas Bukit Mangunan. retribusi masuk yang dikenakan untuk pengunjung tetap menggunakan tarif normal dan tidak ada tarif khusus seperti di tempat lain.

Pemandangan Sungai Oyo Yang Tertutup Kabut Dari Puncak Bukit Mangunan Bantul

Perjalanan menuju Puncak Bukit Mangunan Bantul dari pintu masuk Kebun Buah Mangunan sekitar 5 (lima) menit dengan menyusuri jalan sempit yang membelah kawasan kebun buah. Akses jalan cukup lebar dan dapat dilalui kendaraan beroda empat walaupun sedikit sulit bila berpapasan. Kendaraan pengunjung dipersilakan parkir di tempat yang telah disediakan di sekitar area puncak bukit. Hanya berjalan kaki sejauh kurang dari 50 meter, pengunjung sudah tiba di gardu pandang Puncak Bukit Mangunan.

Pemandangan Kabut Dari Puncak Bukit Mangunan Bantul

Perlahan-lahan kabut yang menutup area gardu pandang Puncak Bukit Mangunan mulai menipis dan terlihat pemandangan Sungai Oyo yang berkelok-kelok diapit oleh tebing bukit. Matahari mulai menampakkan diri pada sisi kiri gardu pandang dan menerangi sebagian kawasan. Dari kejauhan tampak gumpalan kabut yang menyelimuti pepohonan bergerak mengikuti arah angin.

Suasana Puncak Bukit Mangunan Dlingo Saat Pagi Hari

Sedikit saran, untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari Puncak Bukit Mangunan hindari akhir pekan dan hari libur karena akan dipenuhi banyak pengunjung. Sebagian orang menganggap menikmati matahari terbit dari Puncak Bukit Mangunan seperti berada di negeri diatas awannya Jogja. Gumpalan kabut mirip seperti awan mengambang di bawah puncak bukit tersebut yang terdapat lembah. Padahal Puncak Bukit Mangunan memiliki ketinggian yang cukup rendah sekitar 200-250 mdpl. Namun posisi geografis disekitar bukit tersebut menyebabkan timbulnya banyak kabut di dasar lembah dan sekitar tebing saat pagi hari. (text/foto: http://teamtouring.net)

Baca Juga  Mie Ayam 43 Gejayan Yogyakarta, Sajian Mie Ayam Di Dekat Pojok Jalan
INFORMASI
Bukit Mangunan (Mangunan Hill Sunrise)
Kebun Buah Mangunan, Dusun Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 5.000,-/orang
Parkir : Rp 2.000,-

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. wahyu asyari muntoha:

    syahdu sekali kayaknya buat pacaran. eh

  2. Dandy Siswandy:

    baru tahu tempat ini nih… padahal sering banget ke Jogja :(

Kirim pendapat