Bukit Kembar Gobleg, Panorama Danau Buyan Dan Tamblingan Dari Atas Bukit

Bukit Kembar Gobleg merupakan gardu pandang tepi jalan di kawasan pegunungan daerah Buleleng Bali. Tempat ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan yang didominasi oleh turis mancanegara. Daya tarik utamanya adalah pemandangan dari atas ketinggian dimana pada bagian bawahnya terlihat Danau Buyan dan Danau Tamblingan dengan latar pegunungan.

Bukit Gobleg atau bernama lain Bukit Kembar Gobleg dan Bukit Kembar Buleleng terletak di tepi Jalan Raya Munduk Wanagiri, desa Gobleg, kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng, Bali.

Tepi Jalan Letak Bukit Kembar Gobleg Berada

Lokasi Bukit Kembar Gobleg berada di tepi jalan penghubung antara Simpang Wanagiri-Singaraja dengan Wanagiri. Rute menuju bukit atau tebing perbukitan ini dari pusat kota Denpasar ke arah utara menuju ke arah Singaraja melewati daerah Mengwi yang masuk dalam wilayah kabupaten Tabanan. Selama perjalanan akan melewati area pegunungan serta kawasan wisata yang cukup terkenal di pulau Bali yaitu Bedugul dan Pura Ulun Danu Beratan. Kondisi jalan kembali menanjak setelah melewati kawasan Danau Beratan dan Danau Buyan.

Sesampai di puncak tanjakan ada sebuah pertigaan besar tanpa lampu lalulintas (Simpang Wanagiri-Singaraja) yang banyak terdapat pedagang kakilima pilihlah jalan ke kiri atau ke arah Munduk atau Danau Tamblingan. Sebelum tiba di pertigaan Jalan Raya Wanagiri – Jalan Raya Asah Gobleg, pengunjung akan melewati area tepi bukit yang posisinya berada di tengah-tengah antara Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Area ini ditandai dengan kawasan tepi bukit yang terbuka dan gardu pandang yang digunakan sebagai tempat berfoto dan melihat pemandangan dari ketinggian. Ada beberapa pilihan tempat berhenti untuk menikmati pemandangan dari Bukit Kembar Gobleg yaitu dari area tepi jalan, cafe, restoran hingga resort.

Asal usul Desa Gobleg berasal dari kata Gobed yang artinya Kukur atau Parut. Kata Gobed mengalami perubahan bentuk menjadi nama Gobleg. Nama Gobeg itu dijumpai dalam naskah babad Gobleg. Dalam babad itu beberapa kali disebut nama Indu Gobed. (sumber: Sejarah desa Gobleg, website Kec. Banjar Buleleng)

Pemandangan Danau Tamblingan Dari Bukit Kembar Gobleg

Pemandangan dari Bukit Kembar Gobleg cukup menarik karena berada pada punck bukit yang cukup tinggi. Pada sisi sebelah kanan, pengunjung dapat melihat pemandangan berupa Danau Tamblingan dari atas. Dari Bukit Kembar Gobleg terlihat bagian Danau Tamblingan yang tidak terlihat dari seberang danau. Meskipun tidak terlihat secara keseluruhan, pemandangan Danau Tamblingan terlihat indah dan alami karena dikelilingi oleh pepohonan yang cukup lebat.

Baca Juga  Jalan-Jalan ke Pantai Sanur

Pemandangan Danau Buyan Dari Bukit Kembar Gobleg

Saat melihat sisi sebelah kiri terdapat pemandangan Danau Buyan berlatar pegunungan di bagian belakangnya. Pemukiman yang berada di tepi Danau Buyan terlihat sangat kecil dan berbaris rapi memanjang dari sebuah sudut ke sudut lain danau. Pemandangan dari Bukit Kembar Gobleg menghadap ke arah Danau Buyan sepertinya cocok sebagai tempat menikmati panorama sunrise (matahari terbit). Cukup menarik bila membawa teropong ketika mengunjungi Bukit Kembar Gobleg.

Pemukiman Di Tepi Danau Buyan

Bila datang pagi hari ke Bukit Kembar Gobleg, akan terlihat bermacam-macam burung berkeliaran. Pengunjung akan dihibur dengan kicauan merdu dari beberapa jenis burung. Daya tarik lain di bukit ini adalah berfoto dengan beberapa jenis reptil dan ular yang disediakan oleh jasa persewaan hewan. Namun kita hanya menemuinya pada hari libur dan musim liburan.

Sekitar Bukit Kembar Gobleg saat ini banyak bermunculan tempat menginap mulai dari hotel, villa, homestay, bahkan resort. Wisatawan khususnya turis mancanegara mulai melirik kawasan ini setelah jenuh dengan suasana Pulau Bali bagian selatan yang cukup ramai oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Suasana Bukit Kembar Gobleg yang sepi dengan lingkungan yang masih alami menjadi salah satu alasan wisatawan menginap di tempat ini.

Annosmile Di Bukit Kembar Gobleg

Tidak ada salahnya mampir sejenak di Bukit Kembar Gobleg saat berkunjung ke Danau Tamblingan untuk sekedar menikmati pemandangan dari atas ketinggian. Walaupun bukan atau belum disebut sebagai obyek wisata, Bukit Kembar Gobleg memberikan daya tarik yang tidak kalah menarik dibandingkan Bukit Kintamani dengan pemandangan Gunung dan Danau Batur.

Baca Juga  Bukit Mangunan, Pesona Sunrise Dan Negeri Diatas Awannya Jogja

Bila kurang puas atau jenuh dengan Bukit Kembar Gobleg yang sudah mulai banyak dikunjungi ini, ada beberapa tempat untuk melihat pemandangan Danau Buyan dan Danau Tamblingan disepanjang Jalan Raya Munduk – Wanagiri. Pemandangannya mungkin tidak seluas pemandangan dari Bukit Kembar Gobleg, namun pengunjung dapat melihat pemandangan sisi lain yang tidak terlihat dari Bukit Kembar Gobleg. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bukit Kembar Gobleg
Jl. Raya Munduk Wanagiri, desa Gobleg, kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng, Bali

Kirim pendapat