Bukit Cemuris Dan Melihat Pelepasan Lampion Waisak Borobudur Dari Atas Bukit

Bukit Cemuris merupakan salah satu kawasan yang menarik untuk melihat pemandangan alam dan Candi Borobudur dari atas bukit. Sebelumnya kita hanya mengenal Bukit Punthuk Stumbu yang menyajikan pesona wisata tersebut. Sedikit informasi menyebutkan bahwa bukit ini letaknya berdampingan dengan Bukit Punthuk Stumbu atau tepatnya berada disebelah kiri atau utara Punthuk Stumbu.

Bukit Cemuris saat ini dikenal dengan nama Bukit Purwosari berada di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Gerbang Masuk Bukit Cemuris Purwosari Borobudur Magelang

Lokasi Bukit Cemuris sebenarnya hanya disebelah Bukit Punthuk Stumbu Borobudur. Ada tiga cara menuju Bukit Cemuris yang pertama lewat jalan setapak dari Bukit Punthuk Stumbu, kedua melewati jalan setapak dari Gereja Ayam (Manuk), dan ketiga melalui pintu masuk utama bukit ini. Akses terdekat melalui pintu masuk utama Bukit Cemuris karena tidak harus melewati jalan setapak yang memutar. Rute menuju Bukit Cemuris lebih mudahnya melewati jalan raya Borobudur-Salaman yang berada di samping Candi Borobudur arah Purworejo. Rutenya hampir sama saat menuju Bukit Punthuk Stumbu dari jalan utama dan wisata kuliner Mangut Beong Sehati. Sebelum melewati lapangan tempat TNI-AD dan setelah Warung Mangut Beong Sehati terdapat jalan masuk cor semen masuk ke arah kiri. Ikuti jalan cor semen tersebut hingga ujung yang saat ini sudah bertuliskan Sunrise Bukit Purwosari. Kondisi jalan cor semen cukup baik dan dapat dilalui hingga kendaraan beroda empat.

Area Parkir Bukit Cemuris Purwosari Borobudur Magelang

Kendaraan pengunjung Bukit Cemuris atau Purwosari diparkir di halaman rumah warga yang saat ini disediakan untuk lokasi parkir. Penjagaan area parkir dilakukan oleh masyarakat sekitar yang mengelola wisata bukit ini secara berganti dari siang hingga malam. Pengunjung tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan di area parkir ini. Untuk menuju puncak bukit dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak. Retribusi masuk dikenakan kepada pengunjung secara sukarela dan tidak dikenakan tarif resmi seperti Bukit Punthuk Stumbu.

Baca Juga  Sunrise Purwosari Hills, Alternatif Menikmati Sunrise Candi Borobudur Dari Ketinggian

Jalan Setapak Menuju Puncak Bukit Cemuris Purwosari Borobudur Magelang

Tujuan awal saya menuju ke Bukit Cemuris karena ingin melihat Pelepasan 1000 Lampion Perayaan Waisak Candi Borobudur dari atas bukit. Mulanya saya berencana melihat pelepasan 1000 lampion tersebut dari Punthuk Stumbu namun setelah menimbang-nimbang bukit tersebut penuh pengunjung dan tarifnya cukup mahal akhirnya saya memilih Bukit Cemuris yang belum begitu terkenal. Saya sengaja datang ke Bukit Cemuris sore hari karena ingin melihat pemandangan Candi Borobudur pada saat sore hari dan menjelang matahari terbenam.

Gereja Ayam Dari Bukit Cemuris Purwosari Borobudur Magelang

Perjalanan mendaki Bukit Cemuris cukup menantang karena tangga jalannya cukup tegak dan menguras tenaga. Untung saja dibeberapa titik dibangun gasebo sederhana untuk beristirahat pengunjung yang kelelahan. Selain itu setiap tanjakan jalan yang agar curam diberi pegangan dari bambu untuk membantu pengunjung. Saat ini telah ditambah penerangan lampu hingga menuju lokasi puncak bukit. Pengunjung yang membutuhkan bantuan atau minta dihantarkan hingga puncak bukit bisa langsung menghubungi pengelola wisata.

Sunrise view atau area yang menghadap ke arah timur dari puncak Bukit Cemuris cukup luas. Ada yang bilang lebih luas dibandingkan dengan sunrise view pada puncak Bukit Punthuk Stumbu. Hal ini beralasan karena sunrise view di Bukit Cemuris dibuat bertingkat atau berundak sehingga antara tingkatan yang satu dengan yang lain tidak saling mengganggu. Walaupun bila dibandingkan secara memanjang mungkin sunrise view Bukit Cemuris lebih sempit dibandingkan Bukit Punthuk Stumbu.

Candi Borobudur Dari Bukit Cemuris Purwosari Borobudur Magelang

Pemandangan Bukit Cemuris pada sore hari cukup menarik dan tidak kalah pada pagi hari. Candi Borobudur pada sore hari terlihat jelas dari kejauhan tanpa tertutup kabut. Kebalikan pada pagi hari dimana Candi Borobudur dari atas bukit sering terlihat tertutup kabut. Selain itu, di bagian depan bawah bukit ini terdapat bukit lain yang lebih kecil yaitu Bukit Rhema yang terkenal karena terdapat Gereja Ayam. Gereja Ayam merupakan bangunan bekas gereja yang memiliki arsitektur bagian luar seperti ayam.

Baca Juga  Kawah Candradimuka Dieng, Berawal Dari Cerita Pewayangan

Pelepasan 1000 Lampion Perayaan Waisak tahun ini dilaksanakan pada tengah malam sehingga saya harus menunggu cukup lama di puncak Bukit Cemuris. Momentum Pelepasan 1000 Lampion Perayaan Candi Borobudur akhirnya dimulai dengan keluarnya titik-titik api dari samping bangunan Candi Borobudur. Titik-titik api yang totalnya diatas seribu buah tersebut perlahan-lahan terbang ke atas langit dan mengikuti arah angin. Prosesi ini berlangsung selama belasan menit dan akhirnya selesai diterbangkan.

1000 Lampion Waisak Borobudur Dari Bukit Cemuris Purwosari Borobudur Magelang

Pada waktu yang ditentukan, lampion terbang tersebut akan mati dengan sendirinya karena kehabisan bahan bakar atau terbakar diatas langit. Hal ini sebagai pertimbangan agar lampion tidak jatuh ke pemukiman atau kebun sehingga menyebabkan kebakatan. Namun demikian panitia telah bersiap mengenai resiko yang akan terjadi dan memarkir kendaraan pemadam kebakaran di sekitar Candi Borobudur.

Melihat pelepasan 1000 Lampion Perayaan Waisak Candi Borobudur dari atas Bukit Cemuris adalah pilihan lain selain menikmati 1000 Lampion Perayaan Waisak di dalam kompleks Candi Borobudur. Pengunjung disarankan membawa teropong atau kamera dengan zoom jauh karena jarak antara Candi Borobudur dengan Bukit Cemuris ini cukup jauh. Selain itu diharapkan pengunjung mempersiapkan bekal sebelum mendaki Bukit Cemuris karena belum ada warung diatas bukit. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bukit Cemuris Purwosari (Sunrise Purwosari Hills)
Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

PETA

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Aksi Cepat Tanggap:

    info menarik buat perayaan waisak, pemandangannya juga bs langsung lihat candi borobudur.

    • admin:

      Hi Aksi Cepat Tanggap,
      Betul sekali dapat menjadi alteratif pilihan menikmati pesta lampion Waisak Borobudur

  2. paket wisata dieng:

    makasih buat info nya

Kirim pendapat