Berbuka Puasa Di Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta selama bulan ramadhan menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama di serambi masjid. Hidangan berbuka puasa di masjid ini disediakan secara gratis oleh takmir masjid. Sekitar 200 porsi hidangan berbuka puasa dipersiapkan untuk para jamaah masjid yang hadir setiap harinya selama bulan ramadhan.

Kultum Menjelang Buka Puasa Di Masjid Agung Surakarta

Kultum atau ceramah singkat menjelang waktu berbuka puasa pada bulan ramadhan di Masjid Agung Surakarta dimulai pada pukul 17.00 WIB atau jam 5 (lima) sore. Para ustad yang telah ditunjuk dipersilakan mengisi ceramah singkat sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh takmir masjid. Jamaah kultum dan berbuka puasa di Masjid Agung Surakarta rata-rata merupakan para pendatang dan musafir yang kebetulan berkunjung ke kota Surakarta.  Sedangkan jamaah kultum yang baru saja hadir berasal dari kampung sekitar langsung dipersilakan duduk menempati ruag yang kosong pada alas tikar yang telah disediakan. Mendekati waktu berbuka puasa, takmir masjid berkeliling membagikan hidangan untuk membatalkan puasa kepada para jamaah yang duduk mendengarkan kultum.

Hidangan Buka Puasa Di Masjid Agung Surakarta

Hal yang unik dalam berbuka puasa di Masjid Agung Surakarta adalah keberadaan sirine tanda waktu berbuka puasa. Sirine tersebut memiliki bunyi yang cukup khas dan terdengar sangat nyaring. Waktu dibunyikan sirine tersebut selama kurang lebih setengah menit atau sekitar 30 detik. Setelah bunyi sirine selesai barulah dikumandangkan adzan maghrib oleh salah seorang pengurus masjid. Para jamaah yang mendengarkan bunyi sirine dipersilakan berbuka puasa dengan makanan pembuka yang dibagikan berupa jenang dan segelas teh hangat. Setelah selesai, para jamaah langsung dipersilakan berwudlu dan mempersiapkan diri menjalankan ibadah shalat maghrib.

Baca Juga  Mengintip Museum Kereta Api Ambarawa

Pembagian Nasi Buka Puasa Setelah Shalat Maghrib Di Masjid Agung Surakarta

Selesai shalat maghrib, jamaah Masjid Agung Surakarta diberi bungkusan nasi dan segelas air mineral saat keluar dari pintu dalam masjid. Menu makanan yang dibagian berbeda-beda setiap harinya agar tidak terlihat monoton. Para jamaah yang selesai bersantap dipersilakan membuang sampah ditempatnya atau ditempat yang telah disediakan takmir masjid agar tidak mengotori serambi masjid. Sedikit informasi agenda bulan ramadhan lainnya di Masjid Agung Surakarta diantaranya Festival Ramadhan tanggal 1-9 ramadhan, shalat tarawih dengan 23 rakaat, dan baca 1 juz Al Quran. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat