Budidaya Lele di Kandang Ayam Petelur

Budidaya Lele di Kandang Ayam Petelur
3.5 (70%) 6 votes

Memelihara ikan khususnya ikan lele dibawah bangunan kandang saat ini banyak dilakukan oleh para peternak khususnya di daerah Blitar. Selain menambah penghasilan, keberadaan kolam ikan cukup membantu mengurangi limbah yang dihasilkan oleh peternakan ayam. Banyaknya cerita kesuksesan peternak yang sukses melakukan budidaya ikan di kolam bawah kandang membuat peternak lain turut mencoba melakukan hal yang sama.

Budidaya ikan lele di bawah kandang ayam petelur dan pedaging saat ini banyak dilakukan para peternak ayam. Kandang panggung yang dibawahnya terdapat kolam ikan biasa disebut dengan kandang sistem longyam (balong ayam).

Kandang Ayam dan Kolam Lele

Alasan memilih ikan lele untuk mengisi kolam dibawah kandang ayam lebih kepada daya tahan ikan lele terhadap kualitas air yang kurang baik dan dapat diberi pakan dengan jenis apapun. Ikan lele memiliki keunggulan daripada ikan jenis lain dengan daya tahan cukup baik terhadap berbagai kondisi lingkungan. Selain itu pemeliharaan ikan lele tidak memerlukan penanganan khusus dan cepat dilakuksn pemanenan. Harga jual ikan lele cukup stabil dengan permintaan pembeli yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Pemanfaatan kotoran ayam sebagai pakan ikan lele juga merupakan bagian dari peternakan terpadu dan pengurangan produksi limbah peternakan. Kotoran ayam memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan tidak terserap oleh pencernaan ayam ini percuma bila tidak dimanfaatkan. Meskipun diberi pakan dari limbah peternakan, ikan lele tetap diberikan makanan tambahan berupa pelet dengan jumlah terbatas setiap harinya untuk menunjang pertumbuhan. Hal yang perlu diperhatikan adalah aliran air yang mengalir dalam kolam harus lancar untuk mengurangi kepekatan kadar amonia dalam air untuk menjaga lingkungan hidup ikan lele.

Kolam Ikan Lele Dibawah Kandang Ayam

Pembangunan kolam ikan dibawah kandang pun perlu perencanaan dan tidak asal-asal. Bila ketinggian kandang dari dasar cukup tinggi, kolam ikan dapat dibangun dibagian bawah kandang. Bila ketinggian kandang ayam cukup rendah, kolam ikan sebaiknya dibangun di samping kandang ayam bukan di bagian bawahnya. Hal ini bertujuan agar udara di sekitar kandang lancar dan tidak mengganggu ternak ayam yang dipelihara.

Sebenarnya beberapa jenis ikan yang lain dapat digunakan untuk pemeliharaan ikan di kolam bawah kandang ayam. Sebut saja ikan air tawar lain seperti nila, patin, dan mujaer. Namun penanganannya lebih intensif dan lebih rumit ketimbang pemeliharaan ikan lele.

Keuntungan budidaya ikan lele sebagai usaha sampingan beternak ayam

  • Pembelian pelet dan pakan bisa dikurangi karena sudah ada pakan pengganti
  • Pakan ikan lele selalu ada tidak harus menunggu jam makanya
  • Tidak khawatir dengan masalah pakan ikan lele sehari-hari
  • Keuntungan bertenak lele lebih besar karena kita tidak harus rutin memberi pelet setiap harinya

Kekurangan, masalah, dan solusi budidaya ikan lele sebagai usaha sampingan beternak ayam

  • Bau yang kurang sedap dari kotoran ayam. Cara mengatasinya dengan cara pengairan pada kolam harus lancar.
  • Penyakit gampang terjangkit pada ikan lele jika kotoran ayam mengendap. Cara mengatasinya dengan mengatur jumlah ayam di kandang, memperluas kolam, dan memperlancar aliran air.
  • Limbah air buangan dari kolam ikan

Kirim pendapat