Blue Point Beach Atau Pantai Suluban Bali

Blue Point Beach atau bernama asli Pantai Suluban merupakan jajaran pantai yang berada di dekat Pura Uluwatu Bali. Pantai ini lebih banyak disinggahi oleh wisatawan mancanegara dibandingkan wisatawan nusantara. Aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan di tempat ini adalah berselancar (surfing) dan berjemur. Pantai ini menghadap ke arah barat dan menarik digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbenam.

Blue Point Beach beralamat di kwasan Bukit Ungasan, desa Pecatu, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali.

Pemandangan Blue Point Beach Bali

Lokasi Blue Point Beach atau Pantai Suluban Bali berada di sebelah utara Pura Uluwatu. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Denpasar ke arah selatan menuju Jalan Bypass Ngurah Rai. Memasuki simpang empat Bandara Ngurah Rai dan Tol Mandara Bali, pilih jalan lurus ke selatan menuju ke arah Benoa. Saat menemukan perempatan besar pertama pilih jalan ke kanan menuju Jimbaran. Kemudian ada pertigaan kecil ambil jalan ke arah kiri dan susurilah Jalan Raya Uluwatu. Ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Unggasan, Garuda Wisnu Kencana (GWK), dan Pura Uluwatu. Sebelum gerbang masuk Pura Uluwatu ada pertigaan dan pilih jalan ke kanan. Sekitar satu dua kilometer ada pertigaan kecil ambil jalan ke arah kiri. Susurilah jalan kecil hingga ujung yang terdapat area parkir yang didominasi kendaraan roda dua. Sedikit informasi, posisi Blue Point Beach tepat disebelah utara Pantai dan Pura Uluwatu.

Asal usul Pantai Suluban berasal dari bahasa Bali “mesulub” yang artinya melewati bawah sesuatu, melewati kolong. Nama ini memang menjelaskan karakteristik pantai karena untuk sampai di garis air laut pengunjung harus melewati kolong dinding batu.

Dasar Karang Blue Point Beach Bali

Nama Blue Point Beach lebih dikenal dibandingkan nama aslinya sendiri yaitu Pantai Suluban karena adanya villa yang bernama Blue Point Bay Villa. Villa yang dibangun di sebelah atas pantai tersebut dikhususkan untuk wisatawan mancanegara atau asing yang datang berwisata di Pulau Bali. Namun untuk kawasan pantai sendiri terbuka untuk umum dan bebas dikunjungi oleh siapa saja. Pengunjung dapat menuju area pantai dengan melewati jalan setapak yang ada disamping villa tersebut.

Baca Juga  Pantai Lolang Gunungkidul, Pantai Kecil Yang Jarang Terjamah

Blue Point Beach Bali merupakan pantai tebing yang cukup tinggi dan memiliki kemiripan dengan Pantai dan Pura Uluwatu yang ada disebelah selatannya. Tebing tinggi pantai ini memanjang dari sisi kiri hingga sisi kanan pantai. Namun bedanya di pantai ini banyak terdapat cafe dan penjual souvenir di tepi tebing. Selain itu pengunjung pantai ini dapat menuju ke area dasar pantai yang terdapat area pantai berpasir putih dan dasar karang.

Blue Point Beach atau Pantai Suluban pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Eat, Pray, & Love yang di perankan oleh Julia Robert.

Tempat Berjemur Di Blue Point Beach Bali

Pengunjung atau wisatawan yang akan menuju ke Blue Point Beach Bali harus menuruni anak tangga terlebih dahulu yang berada di samping villa dan area parkir. Selama perjalanan menuruni anak tangga, pengunjung akan melewati kawasan cafe dan penjual souvenir. Bangunan cafe dan penjual souvenir hampir memenuhi tepian anak tangga di sisi kiri dan kanan. Kondisinya terkesan tidak beraturan dan terkesan kumuh. Sepertinya harus dilakukan penataan agar terlihat lebih rapi dan menambah kenyamanan pengunjung.

Area pantai berpasir Blue Point Beach cukup sempit dan sebagian besar terendam air ketika ombak sedang pasang. Kondisi pantai berpasir terlihat alami dan tidak tersentuh pembangunan seperti tebing karang yang ada diatasnya. Celah-celah karang yang membentuk goa kecil menjadi salah satu spot favorit di pantai ini. Selain itu di karang-karang tepi pantai terdapat cekungan yang dipenuhi air dan cocok digunakan sebagai tempat berendam. Saat kondisi ombak sedang surut banyak pengunjung yang turun ke arena pantai berpasir ini untuk bermain air. Untuk lokasi berjemur para wisatawan disediakan area khusus di atas batuan karang dengan fasilitas yang cukup memadai.

Baca Juga  Mengetahui Lebih Jauh Tentang Salak Bali

Senja Di Blue Point Beach Bali

Pengunjung Blue Point Beach Bali sebagian besar merupakan wisatawan mancanegara dan sangat sedikit sekali wisatawan nusantara. Aktivitas yang banyak dilakukan di kawasan pantai ini adalah berselancar dan berjemur. Pantai ini cukup favorit digunakan sebagai lokasi berselancar meskipun bukan termasuk tempat surfing terbaik di Bali. Ombak yang besar dengan intensitas yang cukup tinggi di pantai ini memanjakan para peselancar baik pemula maupun yang sudah profesional.

Daya tarik lain dari Blue Point Beach atau Pantai Suluban Bali adalah sebagai salah satu tempat menikmati matahari terbenam atau sunset. Wisatawan dapat menikmatinya dari atas tebing yang banyak terdapat cafe-cafe atau di area dasar pantai. Posisi pantai yang menghadap ke arah barat dan tidak ada penghalang apapun membuat pengunjung dapat menikmati terbenamnya matahari di ujung lautan. Keindahan yang ditawarkan tidak kalah dibandingkan dengan menikmati matahari terbenam dari Pantai Dreamland atau Pantai Padang-Padang yang ada didekatnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Blue Point Beach (Pantai Suluban)
Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Retribusi
Tiket Masuk: *gratis*

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Inuel:

    Selama di Bali, aku gak pernah ke tempat ini :D

    Gak tau tempatnya :))

Kirim pendapat