Bicara Mengenai Goa Jepang Kintamani

Bicara Mengenai Goa Jepang Kintamani
Rate this post

Keberadaan goa peninggalan penjajahan Jepang di Indonesia ini sudah tidak terhitung jumlahnya dan tersebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia bagian barat. Di Pulau Bali sendiri terdapat beberapa wilayah yang terdapat peninggalan Jepang tersebut.

Goa Jepang Kintamani berada di kabupaten Bangli memiliki lubang pintu berukuran kurang dari 1x1meter dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Salah satunya Goa Jepang yang berada di tebing seberang jalan kawasan wisata Penelokan Kintamani ini saat ini kondisinya sudah mulai diperhatikan dan dirawat oleh pemerintah. Beberapa waktu lalu kondisi Goa Jepang yang berada di kawasan Penelokan Kintamani ini terlihat cukup memprihatinkan.

Dahulu kawasan Goa Jepang ini sama sekali tidak tersentuh ketika kawasan Penelokan Kintamani mulai dikenalkan sebagai kawasan wisata. Akhirnya area Goa Jepang menjadi kawasan yang kumuh dengan lobang-lobang pintu yang dipenuhi oleh sampah. Masalah tidak berhenti sampai kesitu ketika sampah didorong masuk ke dalam dan di bagian luar menjadi lokasi jualan sehingga Goa Jepang menjadi tertutupi.

Namun akhirnya saat ini sudah mulai dilakukan perawatan mengenai kawasan Goa Jepang dimana dibersihkan dari sampah-sampah yang tertimbun di dalamnya dan dilakukan pembersihan dinding goa dari lumut yang menyebabkan pelapukan dinding. Pembuatan taman kecil dan trotoar di kawasan Goa Jepang Kintamani yang letaknya di tepi jalan ini saat pengembangan kawasan Penelokan Kintamani beberapa tahun lalu dan pembangunan museum Gunung Api Batur.

Saat ini kondisi Goa Jepang Kintamani sudah lebih baik walaupun belum sepenuhnya dikembangkan sebagai kawasan wisata sejarah dan saat ini baru sebagai pelengkap kawasan Penelokan Kintamani. Larangan untuk memasuki kawasan goa ini masih ada karena belum ada penjagaan dan pengawasan. Semoga ada tindak lanjut mengenai kawasan Goa Jepang Kintamani karena banyak orang yang penasaran akan sejarah dan keberadaannya. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. applausr:

    saya pernah kesini juga…. tempatnya yang sangat bagus…

Kirim pendapat