Bicara Mengenai Bibit Durian Di Alasmalang Banyumas

Berkeliling di desa Alasmalang tidak ubahnya seperti berkeliling kebun durian. Saat ini, desa Alasmalang sedang gencar-gencarnya melakukan budidaya durian jenis lokal dan turunan yang menjadi khas Alasmalang. Hampir disetiap halaman rumah penduduk, terlihat beberapa pohon durian yang siap panen ketika musim durian tiba. Tidak heran dari tahun ke tahun, durian dari desa Alasmalang mulai banyak dilirik para pencinta durian.

Desa Alasmalang merupakan salah satu desa penghasil durian jenis lokal, monthong, dan cani. Secara administratif, Desa Alasmalang terletak di Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas.

Pohon Durian

Khususnya pada budidaya durian, di desa Alasmalang ini menyediakan bibit unggul yang siap ditanam di tempat lain. Hampir setiap penduduk menyediakan bibit ungggul durian untuk dipasarkan dalam lingkup daerah sendiri hingga ke luar daerah seperti Cilacap, Kebumen, dan sekitarnya. Hal ini tampak dengan banyaknya bibit unggul durian yang diletakkan di halaman rumah mereka dan siap untuk diangkut bila seseorang akan membelinya.

Mengenai bibit durian yang menjadi unggulan adalah bibit durian jenis Monthong dan jenis Cani. Khususnya bibit durian Monthong, bibit durian ini merupakan primadona dari Desa Alasmalang karena durian yang dihasilkan lebih baik dan lebih unggul dibandingkan dengan durian monthong biasa. Dari beberapa bibit yang ada, bibit Durian Kromo Banyumas dan bibit Durian Bhinneka Bawor menjadi bibit unggulan dari Desa Alasmalang.

Baca Juga  Candi Cetho Karanganyar, Antara Kabut Mistis Dan Peninggalan Sejarah

Bibit Buah Durian

Estiko Aji Saputro merupakan salah satu dari sekian banyak warga Alasmalang yang memiliki pohon durian dan melakukan pembibitan durian. Di halaman rumahnya sendiri, terlihat puluhan bibit durian Bhinneka Bawor dan durian lokal biasa yang siap dipasarkan. Bibit durian Bhinneka Bawor dengan ketinggian 60 cm berkaki tiga dihargai sekitar 25-30ribu dan ukuran 1 meter berkisar 150ribu. Untuk bibit durian lokal biasa harga bibitnya lebih murah dimana bibit dengan tinggi 40 cm dihargai sekitar 10-15ribu dan ukuran 1meter berkisar 100rb.

Harga bibit durian di Alasmalang ini tergolong masih murah dibandingkan dengan harga bibit di daerah lain yang telah terkenal sebagai sentra pembibitan durian. Meskipun beberapa bibit jenis lain di Alasmalang seperti bibit Durian Kromo Banyumas memiliki harga bibit yang lumayan tinggi karena budidayanya masih sedikit dan banyak diburu.

Sebagai daerah baru penghasil bibit dan buah durian, desa Alasmalang mulai dilirik sebagian pemburu bibit durian untuk distribusikan ke daerah lain. Tidak heran bila warga desa Alasmalang beramai-ramai melakukan pembibitan durian dan mengalihfungsikan sebagian halaman serta area persawahannya menjadi kebun durian. Meski saat ini belum ditetapkan sebagai sentra produksi dan pembibitan durian, bukan tidak mungkin bila kedepannya ditetapkan menjadi sentra penghasil durian dan menjadi salah satu ikon wisata agrobisnis di Banyumas dan sekitarnya. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jarwadi:

    ini beda ngga masa, sama durian durian di gunungkidul?

    • admin:

      Hi Jarwadi,
      Durian yg ada di Banyumas berbeda dengan durian yg ada di Gunungkidul :-)

  2. dafhy:

    Weh pengen maen ke rumah juragan buah ini. Duriannya menggiurkan tenan :D

Kirim pendapat