Berfoto di Depan Geo Dipa Dieng

PT Geo Dipa Energi merupakan perusahaan milik negara (BUMN) yang berlokasi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. PT Geo Dipa Energi memasok sebagian besar listrik di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya. Dengan memanfaatkan energi panas bumi yang melimpah, PLTP ini dinilai lebih ramah lingkungan dan mampu bertahan lebih lama.

Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu kawasan yang dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi oleh PT Geo Dipa. Dataran Tinggi Dieng memiliki sumber energi panas bumi yang cukup besar seperti sumber air panas, solfatara, fumarola, dan batuan alterasi.

Annosmile Di Depan PT Geo Dipa Dieng

Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di kawasan wisata jarang ditemukan di Indonesia. Pemandangan ini membuat sebagian wisatawan tertarik untuk berfoto didepannya karena tidak diperbolehkan memasukinya tanpa seijin petugas. Menurut informasi yang kami dapatkan, potensi energi panas bumi (geothermal) Dataran Tinggi Dieng mencapai 300MW dan telah dikembangkan beberapa unit pembangkit di beberapa titik.

Setiap unit pembangkit listrik mampu menghasilkan energi listrik hingga 60 MW dengan saluran pipa mengarah ke sumber-sumber panas bumi yang banyak ditemukan melintang di jalan-jalan saat berkunjung ke salah satu obyek wisata di Dataran Tinggi Dieng. Listrik yang dihasilkan pembangkit listrik milik PT Geo Dipa Energi ini telah terhubung dengan sistem interkoneksi listrik Jawa-Madura-Bali. Kawasan Dataran Tinggi Dieng memang berpotensi menjadi sumber energi listrik alternatif, namun diharapkan juga mampu menerangi kawasan Dieng dan sekitarnya. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Penasaran Dengan Bekas Lokasi Syuting Film HOS Tjokroaminoto

Kirim pendapat