Berburu Kuliner Sate Kere di Pujangga (Pusat Jajanan Gading)

Berburu Kuliner Sate Kere di Pujangga (Pusat Jajanan Gading)
Rate this post

Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung ke Solo, hanya mengenal area kuliner malam yang terletak di seputaran Gladak atau sering disebut Galabo. Padahal di dekat Alun-Alun Selatan Kraton Kasunanan Surakarta terdapat sebuah kawasan kuliner yang memiliki konsep yang mirip dengan Galabo yaitu Pujangga.

Pujangga atau Pusat Jajanan Gading terletak di dekat Alun-Alun Selatan Kraton Kasunanan Surakarta. Area kuliner ini terkonsep berbaris rapi di pinggir jalan, sedikit berbeda dengan Galabo yang menutup badan jalan. Meja bertenda berjajar rapi memanjang seperti yang kita lihat di Galabo.

Area Pusat Jajanan Gading masih terlihat sepi, mungkin masih kurangnya promosi untuk mengangkat area ini menjadi wisata kuliner alternatif di malam hari. Sepertinya banyak orang lebih memilih sekitar kawasan Slamet Riyadi dan kawasan Galabo yang lebih dahulu terkenal untuk menikmati malam.

Kami tertarik untuk mencoba makanan olahan sate disebuah warung yang terletak di ujung dekat Gapura Gading. Warung Sate Kere namanya dan kami mencoba beberapa jenis sate yang ditawarkan oleh warung tersebut. Ada sate daging sapi murni, daging bercampur lemak, sate ayam, dan sate jerohan sapi.

Seporsi sate kere, sepiring lontong, dan segelas minuman hangat segera terhidang di meja. Bau sate kere sangat harum dan menggoda selera. Sate yang saya pesan ini merupakan sate daging sapi dan sate jerohan sapi sehingga cukup menggoda bila menghirup baunya. Rasanya cukup gurih karena cukup berlemak dan bumbunya cukup terasa.

Bumbu sambal kacang yang disiramkan dalam sate kere memiliki tekstur yang cukup kental dan berasa cukup manis. Kualitas bumbu standar berada dalam rata-rata bumbu sambal kacang yang ada, tidak terlihat rasa unik dan menarik dari bumbu kacangnya.

Potongan bawang merah dan cabe cukup banyak bercampur dengan bumbu sambal kacang. Hal ini merupakan kesukaan kami dan mengurangi rasa “eneg” saat menikmati makanan penuh lemak. Jangan kuatir bagi yang tidak menyukai jerohan dan lemak karena di warung sate kere ini juga tersedia sate daging murni tanpa campuran jerohan dan lemak.

Mengenai harga juga terbilang cukup murah, lebih murah daripada makanan yang dijual di Galabo yang sekarang tidak seramai jaman pertama kali dibuka dahulu. Seporsi Sate Kere, dua porsi lontong, dan segelas jeruk hangat hanya sekitar sepuluh ribu rupiah. Selamat mencoba di area kuliner Pusat Jajanan Gading.

== Lokasi

Perempatan Gading, Surakarta

Ada 18 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. MasEDI Belajar Ngeblog:

    wah, kalah kie, ane yg org sono aja mlh blm pernah kuliner ke pujangga mas bos :D

  2. jarwadi:

    Nggih mas, sesuk yen nduwe rejeki tak nyoba, apa gelem nraktir aku?

  3. mamung:

    wesss ketoke enak tenan mas..
    tapi kok namanya sate kere ya..? seporsi regane piro mas?

  4. mila:

    wah… solo emang tempatnya kuliner… makanannya enak2..
    ntar klo ke solo mst ke pujangga nih heheee

  5. Johar Manik:

    Makanan Favorit, sayangnya di Jakarta Ane ga bisa temuin yang seperti ini, Ada saran ?

  6. nurrahman:

    mo ke alun2 selatan tuh kebanyakan males karna ribet dan rame jalannya…sama barangkali kurang promosi dr pihak pengelola…CMIIW

  7. dafh:

    wew makanan kesukaan saya itu. monggo mas kalau ke ponorogo saya ajak makan sate kere yang mantab jaya

  8. Jeng Anna:

    busettttt varian banyak ya satenya…..kalo saya paling ogah makan sate kelapa…ndak akan 2 kali deh ahhahaha…kecewahhhhh

  9. holichaxor:

    kepengeeennnnnn…lidahku jadi ngiler gini jadinya

  10. obbyn:

    ada martabaknya juga gag ya? aku lagi ngidam martabak :)

  11. joko kepruk:

    wah ketok-e manyusss..

    sentara jajanan di alun-alun selatan memang jarang kedengeran yah.. (krna baru tau ttg tmpat itu skrng hehehehe)

  12. Frenavit:

    Hmm… Jadi bener-bener pengen Touring ini.. dan pengennya ke Solo.. hihi…

  13. Andhy:

    wah ada tempat baru rupanya.
    kalo ke solo nyobain ah. :D

  14. kamaropini:

    pujangga? wah, taunya saya galabo mas. hehehe. ntar deh, cek kesana lagi.

  15. aming:

    info kuliner ya bikin ngiler nih…
    mantabbss……..

  16. Triunt:

    ora ajak2 we.
    ayo mas, cari cabuk rambak :)

  17. Gallery Aceh:

    mantaab dah, pingin nyobain :D

Kirim pendapat