Bekas Rumah Dinas Camat Belinyu Peninggalan Belanda

Rumah Dinas Camat Belinyu merupakan salah satu bukti sejarah yang terpendam di kecamatan Belinyu. Tidak banyak yang tahu kapan Rumah Dinas Camat Belinyu dibangun namun sebagian orang menduga bahwa rumah dinas tersebut dibangun pada zaman Belanda. Saat ini Rumah Dinas Camat Belinyu sudah tidak digunakan dan dibiarkan begitu saja.

Rumah Dinas Camat Belinyu merupakan bangunan peninggalan Belanda dan disebut Rumah Belanda oleh masyarakat sekitar. Rumah Dinas Camat Belinyu mempunyai luas bangunan 331 meter persegi dan luas tanah 10.287 M

Tugu Peringatan Dan Rumah Dinas Camat Belinyu Bangka

Lokasi Rumah Dinas Camat Belinyu cukup mudah diketahui karena terletak di pusat kota kecamatan Belinyu dan berada di tepi jalan utama. Memasuki kawasan Rumah Dinas Camat Belinyu, terlihat sebuah halaman yang luas dengan sebuah tugu peringatan pada bagian tengah. Pada bagian belakang tugu peringatan terdapat sebuah bangunan dengan arsitektur Belanda dan itulah Rumah Dinas Camat Belinyu.

Tugu peringatan tersebut bertuliskan “Bersatu dan Merdeka” dan dilanjutkan dengan kalimat “Rajat jang hidup membangun untuk masa jang akan datang”. Tanggal 17 Agustus 1950 (17-8-50) yang tertulis pada bagian paling bawah menunjukkan bahwa tugu peringatan ini dibangun untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia dan menunjukkan bahwa Belinyu merupakan bagian dari wilayah Republik Indonesia.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Toboali Bangka

Bangunan Rumah Dinas Camat Belinyu Bangka

Bangunan Rumah Dinas Camat Belinyu kondisinya tidak terawat dan mengalami kerusakan di beberapa bagian. Kerusakan yang cukup parah terlihat pada kayu penyusun bangunan yang rapuh dan dimakan rayap. Kondisi dinding mulai mengelupas dan catnya mulai pudar. Sepertinya camat yang terpilih saat ini sudah tidak menempati bangunan rumah dinas yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Mereka lebih memilih tinggal di rumahnya sendiri yang kondisinya lebih baik dan lebih nyaman.

Beberapa informasi menyebutkan bahwa Rumah Dinas Camat Belinyu telah dijadikan salah cagar budaya di kabupaten Bangka. Namun belum ada kabar mengenai kapan bangunan rumah dinas tersebut akan direnovasi dan difungsikan kembali. Bila nantinya Rumah Dinas Camat Belinyu telah direnovasi akan dialihfungsikan untuk museum. Alasannya disekitar Belinyu belum ada museum yang menyimpan benda-benda bersejarah yang ditemukan di daerah tersebut. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat