Bekas Jembatan Kereta Api Yang Melintas di Kali Winongo

Bekas Jembatan Kereta Api Yang Melintas di Kali Winongo
Rate this post

Setelah menelusuri jalur kereta api di bekas Stasiun Dongkelan, perjalanan dilanjutkan menuju ke selatan melewati Ring Road Selatan. Belum tampak sisa-sisa jalur kereta api karena diperkirakan jalur kereta api diangkut oleh PT Kereta Api Indonesia akibat pelebaran jalan Bantul.

Bekas Jembatan Kereta Api Winongo terletak di kecamatan Kasihan, Bantul. Jembatan ini dibangun oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) untuk menghubungkan jalur kereta api Yogyakarta – Bantul.

Pada sebuah tikungan jalan, tiba-tiba ada jalan kampung yang posisinya sedikit serong di sisi kanan jalan. Kami memperkirakan itu merupakan bekas jalur kereta api. Di beberapa sudut mulai terlihat potongan-potongan rel. Pada sebuah ujung jalan ternyata berupa jembatan yang melintas sungai atau kali Winongo.

Bentuk jembatan penyebrangan sungai ini sedikit aneh karena tidak ada pagar pengaman di samping kiri dan kanan jalan. Akhirnya kami berhenti dan mencoba turun ke bawah bangunan jembatan untuk melihat lebih jelas konstruksi jembatan. Ternyata dugaan kami tidak salah, bangunan jembatan ini dahulu merupakan jembatan untuk perlintasan kereta api.

Melihat pondasi bekas jembatan kereta api ini sepertinya masih kokoh. Dinding tiang penyangga tidak mengalami kerusakan yang berarti walaupun banyak ditumbuhi oleh lumut di beberapa bagian. Terlihat pendangkalan sungai di sekitar Kali Winongo yang disebabkan oleh endapan tanah ketika musim hujan.

Dari bawah jembatan terlihat jelas sisa-sisa bantalan rel sekaligus rel kereta api yang mash terpasang. Dimana dari atas sudah tertutup oleh cor semen untuk dapat dilintas oleh kendaraan roda dua dan warga yang berada diantara kedua sisi sungai.

Keberadaan bekas jembatan kereta api yang melintasi Kali Winongo tidak sepenuhnya hilang meskipun telah beralih fungsi menjadi jembatan penyebrangan umum antara kedua  sisi sungai. Jejak bekas jalur kereta api masih tampak dari samping karena sebagian besar dari atas sudah tertimbun material semen saat pembangunan jalan desa atau jalan kampung oleh masyarakat.

Bekas jembatan kereta api yang melintas Kali Winongo ini juga dapat terlihat dari jalan Bantul disekitar pasar Niten. Akhirnya perjalanan kami lanjutkan menelusuri jalan yang diperkirakan merupakan jalur kereta api untuk mencari keberadaan Stasiun Winongo yang tidak jauh dari bekas jembatan kereta api Winongo. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. HeruLS:

    Tolong itu foto orang yg pose di atas jembatan itu dihilangkan saja, tolong.

  2. nbsusanto:

    oya mas, ini letaknya di utara jembatan winongo utk jalan raya bukan? soalnya 4 bulan lalu lewat jembatan kecil yang mirip seperti ini di sekitar jembatan winongo..

Kirim pendapat