Cukup Sekali Mencicipi Bebek Goreng Sari Asli Kartasura

Kartasura hanyalah sebuah kota kecil dengan posisi yang cukup strategis sebagai persimpangan jalan menuju ke Semarang, Yogyakarta, dan Surakarta. Keberadaannya membuat banyak bermunculan warung kuliner yang menarik untuk dinikmati. Diantaranya yang cukup khas dan menjadi salah satu daya tarik di Kartasura adalah sajian bebek goreng.

Warung Makan Sari Asli beralamat di Jalan Slamet Riyadi 220, Kartasura, Sukoharjo. Menyediakan menu utama berupa bebek dan ayam goreng. Buka dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00.

Warung Makan Bebek Goreng Sari Asli Kartasura

Warung-warung yang menyajikan kuliner bebek goreng banyak ditemukan di hampir setiap jalan utama kawasan Kartasura. Salah satu yang kami sambangi adalah Warung Bebek Goreng Sari Asli. Sedikit informasi yang kami ketahui, warung ini merupakan pesaing dari Warung Bebek Goreng H. Slamet yang sudah banyak membuka cabang di beberapa kota di Pulau Jawa.

Di daerahnya sendiri, Warung Bebek Goreng Sari Asli tidak kalah terkenalnya dibandingkan Warung Bebek Goreng H. Slamet. Sejarah berdirinya warung makan ini hampir sama dimana dimulai dari warung tenta kakilima di tepi jalan. Saat ini warung ini telah membuka warung makan yang cukup besar di tepi jalan utama Kartasura. Kami belum mengetahui bahwa warung ini membuka cabang diluar kawasan Kartasura.
Menu bebek dan Ayam Goreng di Warung Sari Asli Kartasura

Baca Juga  Mie Ayam Pak Heri, Kuliner Mie Ayam Tengah Kampung Di Ngaglik Sleman

Warung Bebek Goreng Sari Asli membuka dua warung di Kartosura dengan posisi berseberangan. Kami memilih Warung Bebek Goreng Sari Asli yang lama atau yang bangunannya kecil tanpa area parkir yang luas. Pengunjung warung yang sempit ini didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua karena parkir kendaraan roda empat cukup terbatas.

Memasuki Warung Bebek Goreng Sari Asli, pengunjung diberi dua pilihan tempat duduk. Di bangunan sebelah depan tersedia meja dan kursi sedangkan bagian sebelah belakang disediakan tempat duduk secara lesehan. Karena tempat duduk lesehan sepertinya penuh, kami memilih duduk di meja kursi yang masih kosong.

Suasana Warung Sari Asli Kartasura

Menu utama bebek goreng menjadi pilihan utama meski ada menu lain seperti ayam goreng. Pelayanannya cukup cepat sehingga kami tidak perlu menunggu lama pesanan disajikan. Penyajian bebek goreng terlihat sederhana dengan bebek goreng ditaruh berdampingan dengan lalapan.

Ada hal yang sedikit menarik perhatian yaitu lalapan terdiri dari rebusan daun pepaya, daun kemangi, dan irisan mentimun. Keberadaan daun rebusan pepaya dalam lalapan di Warung Bebek Goreng Sari Asli mengingatkan saya dengan penyajian Bebek Goreng Kang Dono di daerah Bantul, Yogyakarta yang juga menggunakan daun rebusan pepaya.

Sajian Bebek Goreng Sari Asli Kartasura

Ukuran potongan bebek goreng cukup kecil, entah apakah standar ukuran bebek goreng di Warung Bebek Sari Asli memang demikian. Sedikit kecewa karena porsi bebek goreng yang biasanya saya makan adalah berukuran sedang. Saat mencicipi rasanya, daging bebek goreng cukup renyah dan lembut dilidah. Namun sepertinya bumbu kurang meresap sempurna sehingga rasanya sedikit hambar. Kami tidak mendapatkan cita rasa yang ditawarkan oleh warung ini sendiri.

Baca Juga  Melihat Festival Durian Banjaroya

Kritikan tentang makanan ini memang dibenarkan oleh teman saya yang telah lama mengenal sajian bebek goreng sejak warung ini sedang merintis usaha. menurutnya, rasa unik yang ditawarkan telah banyak berubah seiring dengan pengembangan usahanya. Kondisinya tidak berbeda jauh dengan Bebek Goreng H. Slamet yang kualitas rasanya berbeda-beda di setiap cabang warungnya. Meski demikian Warung Bebek Goreng Sari Asli tetap diserbu penggemarnya setia hari dan harga yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran warung makan di tepi jalan utama. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Bebek Goreng Sari Asli Kartasura
  • 6/10
    Bebek Goreng (dada atas) - 6/10
6/10

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Amin:

    Jadi ingat mudik ke tempat mertua di Klaten mas…sering lewat daerah situ kalau mudik sama keluarga.

  2. EventJogja Dot Com:

    oh ternyata ada sedikit kekecewaan ttg kualitas rasa ya mas, jadi kemungkinan tidak akan mencicipi untuk kedua kali ya? hehe
    ada yg salah ketik satu huruf mas “warung tenta”

Kirim pendapat