Batu Tulis Dieng Dan Penampakan Seperti Muka Semar

Batu Tulis Dieng Dan Penampakan Seperti Muka Semar
3.3 (66.67%) 3 votes

Batu Tulis merupakan batu yang dikeramatkan oleh masyarakat yang tinggal sekitar Dataran Tinggi Dieng. Batu ini disebut juga Batu Semar karena bentuknya menyerupai muka atau wajah Semar dalan pewayangan Jawa. Batu ini terletak di tepi Telaga Warna Dieng dan berdekatan dengan kawasan goa keramat seperti Goa Jaran dan Goa Semar. Kawasan batu ini menjadi rangkaian prosesi potong rambut anak gimbal Dieng.

Batu Tulis (Batu Semar) terletak di dalam area wisata Telaga Warna Dieng. Menurut mitos setempat, batu tersebut dapat memberikan kelancaran bagi anak yang sedang belajar menulis bila orang tuanya berdoa disini.

Batu Tulis Di Kawasan Telaga Warna Dieng

Lokasi Batu Tulis Dieng berada di sebua bukit diantara Telaga Warna Dieng dan Telaga Pengilon Dieng. Dari pintu masuk Telaga Warna ikuti jalan ke sisi kanan menyusuri tepi Telaga Warna dan melewati Telaga Pengilon. Posisi batu tersebut berada di area pinggir bukit sebelum memasuki kompleks goa keramat di Telaga Warna. Dari kejauhan batu tersebut tampak seperti bongkahan batu besar biasa yang tergeletak ditepi telaga. Hampir seluruh permukaan batu ditutupi oleh lumut dan sebagian oleh tanaman liar.

Bila diperhatikan dengan cermat dari sisi samping, Batu Tulis Dieng menyerupai wajah orang atau wajah manusia. Bentuk wajah tersebut dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai perwujudan dari muka Semar, salah satu tokoh punokawan dalam cerita pewayangan Jawa. Tidak heran bila banyak masyarakat yang menyebut batu Tulis ini dengan nama Batu Semar. Area Batu Tulis ini menjadi bagian dalam prosesi ruwatan cukur rambut gimbal anak Dieng. Para anak berambut gimbal didoakan di tempat ini agar sukses dalam menjalankan ruwatan dan diberi kelancaran serta kemudahan dalam belajar. Selain itu pada hari-hari tertentu batu ini rutin diberi sesaji dan diletakkan di depan batu tersebut. (text/foto: annosmile)

Menurut mitos setempat, Batu Tulis dapat memberikan kelancaran bagi anak yang sedang belajar menulis bila orang tuanya berdoa disini.
INFORMASI
Batu Tulis (Batu Semar)
Telaga Warna Dieng, desa Dieng Wetan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Ada 10 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. aura pelupa:

    Jadi ingin melihat secara langsung!

  2. geblek:

    lupa kalau ada batu ini :)

  3. dr18nu:

    Blognya mantap Mas… BIsa jalan-jalan tanpa harus ninggalin Jakarta :)
    Sip deh…
    Salam kenal.. :)

  4. mascayo:

    ngumpulin duit dari internet ah .. mana tau bisa ke batu tulis kapan2

  5. sangsaka:

    Batu tulis… indah sekali kelihatannya… jadi pengen kesana…

  6. amri:

    aah, mitos lagi

  7. budies:

    kalau dieng jan bank aku….jadi kepingin..gek kapan, apalagi sekarang dah di kalimantan

  8. ekopras:

    batunya sendiri bisa nulis gak ya

  9. Dieng Plateau:

    Batu Tulis di Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Pengilon, terima kasih tulisan dan informasinya, semoga bisa jadi referensi untuk datang ke tempat kami di Dieng Plateau

    • admin:

      Hi Dieng Plateau,
      Iya sama-sama semoga bisa jadi referensi berwisata di Dataran Tinggi Dieng :-)

Kirim pendapat