Batu Payung, Susunan Batu Unik Di Desa Wisata Kemuning Gunungkidul

Batu Payung, Susunan Batu Unik Di Desa Wisata Kemuning Gunungkidul
3 (60%) 1 vote

Batu Payung merupakan susunan batu yang menjadi salah satu daya tarik wisata di kawasan Desa Wisata Kemuning Gunungkidul. Batu Payung memiliki keunikan dimana bentuknya menyerupai payung dan terdapat susunan batu seperti tiang penyangga. Keberadaan batu ini telah lama ada ditengah-tengah ladang milik penduduk yang memanfaatkan lahan kosong milik Perhutani.

Batu Payung terletak di desa wisata Kemuning, dusun Kemuning, desa Bunder, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Batu Payung Di Desa Wisata Kemuning Gunungkidul

Batu Payung yang ditemukan di kawasan Desa Wisata Kemuning ini diperkirakan batu yang terbentuk oleh alam selama jutaan tahun. Meskipun beberapa orang menganggap bahwa batu ini disusun atas campur tangan manusia karena susunannya simetris dan mirip seperti susunan batu candi. Apalagi batu ini tersusun antara dua jenis batu berwarna putih dan kehitaman. Namun warga sekitar hanya menyebutnya sebagai batu biasa dan sering digunakan sebagai tempat berteduh ketika hujan saat berada di ladang.

Informasi mengenai keberadaan Batu Payung Desa Kemuning ini masih cukup minim. Tidak ada cerita mitos atau misteri yang menyertainya seperti halnya batu-batu unik lainnya di daerah lain. Warga sekitar hanya mengenalnya sebagai tempat berteduh saja tanpa ada hal lain yang menyertainya. Padahal tidak jauh dari tempat tersebut yaitu sejauh beberapa ratus meter terdapat goa yang konon pernah digunakan untuk tinggal manusia purba dan pernah digunakan untuk bersembunyi saat perang kemerdekaan. Selain itu posisinya juga tidak jauh dari aliran Sungai Oyo yang konon disepanjang alirannya terdapat peradaban purba seperti keberadaan Situs Sokoliman. Saat ini belum ada yang meneliti mengenai asal usul Batu Payung Desa Kemuning. Dibalik misteri yang tersimpan dalam Batu Payung terdapat keindahan alam perbukitan seribu yang menarik untuk dinikmati. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Batu Payung
Desa wisata Kemuning, Dusun Kemuning, Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Pencerah:

    kok kayaknya buatan manusia ya…

  2. Pojok Pradna:

    desa kemuning ki ning ndi?

  3. SanG BaYAnG:

    Au yo arep takon iki kemuning ngendi. Eh..ternyata keduluan Kang Pradna

Kirim pendapat