Batu Alien, Batu Vulkanik Yang Menyerupai Wajah Misterius

Batu Alien, Batu Vulkanik Yang Menyerupai Wajah Misterius
3.3 (65%) 4 votes

Batu Alien merupakan salah satu daya tarik wisata Kaliadem Sleman sebelum menuju ke Bunker Kaliadem. Bongkahan batu hasil erupsi Gunung Merapi taun 2010 ini memiliki keunikan dimana bila dilihat dari samping menyerupai muka atau wajah manusia. Saat ini di sekitar Batu Alien dilengkapi dengan daya tarik spot foto selfie.

Batu Alien terletak di dusun Jambu, desa Kepuharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Batu Alien Cangkringan berada di sebelah timur dari The Lost World Castle dan Stonehenge Merapi serta jalan menuju ke Bunker Kaliadem setelah melewati Museum Mini Sisa Hartaku. Akses jalan menuju obyek wisata ini sudah cukup baik karena sebagai jalur evakuasi. Cara menuju ke lokasi ini rata-rata menggunakan Jeep Merapi sebagai transportasi berkeliling lereng Gunung Merapi atau dikenal sebagai Lava Tour Merapi Kaliadem. Pengunjung pada mulanya dapat membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat ini. Namun saat ini ada larangan membawa kendaraan pribadi dan harus menggunakan jasa pemandu hingga sewa motor trail ataupun jeep. Entah apakah larangan atau aturan tersebut murni dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah atau penduduk setempat yeng mengelola kawasan wisata di lereng Gunung Merapi.

Batu Alien merupakan bongkahan batu yang berasal dari luncuran awan panas Gunung Merapi pada erupsi tahun 2010. Bongkahan batu ini paling besar diantara batuan lain yang ada disekitarnya. Penamaan batu tersebut didasari atas bentuk batu dari samping seperti muka atau wajah seseorang. Bentuk muka yang ada terhitung lengkap mulai dari mata, telinga, dan hidung. Namun karena tidak diketahui mirip muka siapa dan terlihat asing maka batu tersebut disebut Alien atau Batu Alien. Sebenarnya tidak ada kaitan dengan Alien yang berasal dari luar angkasa yang sering dibahas di film-film. Pemberian nama ini membuat orang penasaran dan mampir ke tempat ini ketika berwisata menuju ke Bunker Kaliadem Merapi. Kondisi Batu Alien masih lebih baik daripada Watu Tumpeng dimana terbebas dari corat-coret dan menjadi salah satu spot foto Wisata Jeep Merapi. Fasilitas pendukung wisata di Batu Alien antara lain toilet/wc umum, warung makanan, dan warung penjual souvenir. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Batu Alien
Dusun Jambu, desa Kepuharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Kirim pendapat