Basecamp Sawit Pendakian Gunung Andong

Basecamp Sawit atau bernama Taruna Jayagiri merupakan pos pendakian Gunung Andong yang melewati jalur Girirejo. Basecamp ini menjadi favorit bagi para pendaki karena fasilitasnya lengkap dan kemudahan akses menuju lokasi. Gunung Andong seperti yang kita tahu merupakan gunung kecil yang memiliki pemandangan yang indah dari puncak gunung dan cocok digunakan sebagai latihan mendaki gunung.

Basecamp Pendakian Gunung Andong Sawit (Taruna Jayagiri) berada di dusun Sawit, desa Girirejo. kecamatan Ngablak. kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Basecamp Taruna Jayagiri Pos Pendakian Gunung Andong Dari Luar

Lokasi Basecamp Sawit berada di sebelah timur Gunung Andong. Rute mudah menuju Basecamp Sawit dari kota Magelang dengan melewati jalan utama penghubung kota Magelang dengan kota Salatiga. Ketika tiba di Pasar Ngablak ambil jalan ke arah kiri masuk jalan kecil melewati area perkampungan penduduk. Ikuti papan petunjuk arah menuju Basecamp Taruna Jayagiri Sawit Pendakian Gunung Andong hingga tiba di lokasi. Akses jalan menuju Basecamp Sawit cukup lebar dan mampu dilalui hingga kendaraan beroda empat dan minibus.

Area Parkir Basecamp Taruna Jayagiri Pos Pendakian Gunung Andong

Area parkir Basecamp Sawit cukup luas untuk menampung puluhan kendaraan roda dua. Kendaraan roda dua atau motor diparkir berjajar di tepi jalan kampung yang dipersiapkan khusus untuk para pendaki Gunung Andong. Kendaraan roda empat disediakan beberapa ruang untuk parkir namun jumlahnya terbatas. Petugas jaga parkir Basecamp Sawit yang berasal dari masyarakat sekitar selalu siap mengarahkan calon pendaki untuk memarkir kendaraannya. Jangan khawatir dengan keamanan kendaraan yang terparkir karena pengelola basecamp merantai kendaraan roda dua yang terparkir pada malam hari dan melakukan penjagaan penuh.

Baca Juga  Ritual Sedekah Candi Gunung Wukir, Tradisi Baru Di Sekitar Salaman Magelang

Lokasi Pendaftaran Pendakian Gunung Andong Di Basecamp Taruna Jayagiri

Pendaftaran untuk pengunjung atau pendakian Gunung Andong dilakukan di pos bangunan Basecamp Sawit. Sebuah meja sederhana dengan sebuah buku besar yang ditunggu seorang petugas menjadi tempat pendaftaran para pendaki. Syarat mendaki Gunung Andong cukup mudah dengan mengisi daftar pengunjung di dalam buku tamu secara lengkap kemudian membayar retribusi.

Suasana Di Dalam Basecamp Taruna Jayagiri

Fasilitas pendukung Basecamp Sawit cukup lengkap mulai dari area parkir, warung kelontong, warung makan 24 jam, kamar mandi umum, hingga tempat peristirahatan yang disediakan berupa lantai yang dilapisi karpet. Selain itu saat ini Basecamp Taruna Jayagiri melayani persewaan alat-alat camping mulai dari tenda, sleepingbag, senter, dan sebagainya. Bagi para pendaki yang sedang berlatih mendaki gunung tidak perlu takut akan kekurangan perlengkapan mendaki karena dapat melengkapinya di basecamp ini. Pengelola Basecamp Sawit berharap para pendaki Gunung Andong mematuhi aturan yang telah dibuat dan memberlakukan sangsi tegas bila para pendaki melanggar aturan. Setelah melakukan registrasi, para pendaki dipersilakan memulai pendakian Gunung Andong atau dapat beristirahat sebentar di basecamp. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Basecamp Taruna Jayagiri
RT 03 RW 05, Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Telp: 08156507492

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 3.000,-

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Idah Ceris:

    Weeeh….ternyata menyewakan perlengkapan juga basecampnya, ya.

    • Ardea:

      Mohon info apa benar ada di basecamp sawit penyewaan tenda ..

      • admin:

        Hi Ardea,
        Iya benar di area basecamp Sawit ada persewaan alat-alat camping termasuk tenda :-)

  2. Rusa:

    Aku kapan-kapan pengen deh ke Magelang..

  3. Sofian:

    Maaf tolong di masukan untuk harga daftar penyewaan dan juga nomer WA yang dapat dihubungi. Terima kasih

  4. Nnd:

    Bisa minta wa yg menyewakan peralatan outdoor?

  5. rizal:

    mohon info. untuk registrasi bisa jam berapa saja?

    • admin:

      Hi Rizal,
      Registrasi dapat dilayani selama 24jam. Semoga membantu :-)

  6. Tolhah:

    Via sawit buka lagi kpn ya pak?

Kirim pendapat