Basecamp Cepit Pendakian Gunung Sumbing

Basecamp Cepit Pendakian Gunung Sumbing
Rate this post

Basecamp Cepit merupakan Pos Pendakian Gunung Sumbing yang melewati jalur Cepit atau Pagergunung Temanggung. Jalur pendakian melalui basecamp ini kurang diminati dibandingkan jalur pendakian Gunung Sumbing yang lain semisal jalur Kledung Temanggung dan jalur Garung Wonosobo.

Basecamp Cepit beralamat di Desa Wisata Cepit, dusun Cepit, desa Pagergunung, kecamatan Bulu, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lokasi Basecamp Cepit berada di sisi utara lereng Gunung Sumbing. Rute menuju basecamp ini dari pusat kota Temanggung menuju ke arah Parakan. Sebelum memasuki kota kecamatan Parakan, ada Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo dan minimarket waralaba. Pilih jalan kecil di samping minimarket tersebut dan ikuti petunjuk arah menuju desa Pagergunung. Akses jalan menuju Basecamp Cepit sebagian sudah diaspal dan sebagian lagi di cor semen.

Pendaftaran untuk pengunjung atau pendakian Gunung Sumbing dilakukan di pos bangunan Basecamp Cepit. Sebuah loket dengan sebuah buku besar yang ditunggu seorang petugas menjadi tempat pendaftaran para pendaki. Syarat mendaki Gunung Andong cukup mudah dengan mengisi daftar pengunjung di dalam buku tamu secara lengkap kemudian membayar retribusi. Fasilitas pendukung Basecamp Cepit masih sangat terbatas atau bisa dibilang belum tersedia. Fasilitas kamar mandi dan area parkir masih diarahkan ke tempat rumah tinggal warga. Sementara tempat peristirahatan yang ada kondisinya cukup sempit dan ala kadarnya di samping pos penjagaan. Keberadaan warung kelontong, warung makan, dan persewaan alat-alat pendakian yang fungsinya cukup vital belum tersedia di pos pendakian ini. Para pendaki masih harus mencarinya di sekitar Parakan sebelum menuju tempat ini. Diharapkan fasilitas pendukung basecamp diperbaiki dan ditambah untuk menambah kenyamanan para pendaki yang akan naik Gunung Sumbing melalui jalur ini. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat