Santai Sejenak Di Banaran 9 Coffee & Tea Gemawang

Banaran 9 Coffee & Tea di tepi Jalan Raya Semarang Magelang merupakan salah satu cabang dari unit usaha kedai kopi dan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX). Keberadaan resto atau kedai ini sudah tidak asing bagi orang yang bepergian ke Semarang, Yogyakarta, Cilacap, dan kota-kota lain yang terdapat cabang kedai ini. Tempat ini sering dijadikan tempat beristirahat dan bersantai sejenak saat melakukan perjalanan bagi seseorang, keluarga, hingga rombongan.

Banaran 9 Coffee and Tea beralamat di Jl. Raya Semarang Magelang Km 50, Gemawang, Jambu, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Merupakan cafe kopi dengan konsep klasik khas tempo dulu dipadukan dengan suasana tepi perbunan teh dan taman bermain.

Bangunan Bergaya Klasik Banaran 9 Coffee & Tea Jambu Semarang

Lokasi Banaran 9 Coffee and Tea cabang Gemawang berada di tepi Jalan Raya Magelang-Semarang. Dari arah Magelang setelah melewati kawasan Pringsurat dan sebelum memasuki kawasan Bedono begitu sebaliknya bila dari arah Semarang/Ambarawa. Cukup mudah menemukan kedai kopi dan teh ini karena letaknya cukup mencolok karena areanya cukup luas dengan kemasan bangunan tempo dulu. Area parkir yang disediakan cukup luas dan cukup sejuk karena halaman parkir banyak ditumbuhi oleh pohon besar.

Bangunan Banaran 9 Coffee and Tea cabang Gemawang bergaya klasik dengan bangunan peninggalan Belanda yang direnovasi dengan warna cat modern. Area taman di depan bangunan disulap menjadi taman dan area bermain anak untuk menarik minat pengunjung khususnya rombongan keluarga. Di sisi lain tempat ini juga menyediakan ruangan khusus untuk pertemuan ataupun meeting.

Minuman kopi yang tersedia di Banaran 9 Coffe & Tea antara lain kopi arabica, kopi robusta, capucino, mochacino, machiato, espresso, dan cafelate. Selain itu tersedia beberapa makanan lokal yang cukup menarik seperti nasi pecel, nasi ayam goreng, hingga mendoan.

Teras Banaran 9 Coffee & Tea Jambu Semarang

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan Banaran 9 Coffee and Tea cukup bervariasi dan hampir sama dengan menu yang ditawarkan kedai kopi pada umumnya. Selain itu disetiap menu yang ada diberi keterangan deskripsi, bahan penyusun, foto makanan, dan tentu saja harga yang harus dibayarkan. Saya memilih menu kopi maciato dan kopi hitam khas tempat ini dengan makanan camilan berupa tempe mendoan. Pelayan dengan sigap langsung menuliskan pesanan saya dan membawa daftar pesanan untuk segera diproses. Tidak lama kemudian pelayan tersebut hadir dengan membawa pesanan yang telah saya pesan.

Baca Juga  Mie Ayam Tanpa Nama Tamanan Bantul

Menu Kopi di Banaran 9 Coffee & Tea Jambu Semarang

Rasa kopi hitam arabica dan kopi maciato cukup enak karena proses penyajiannya langsung dari biji kopi yang digiling kemudian diseduh dan disaring. Saya cukup cocok dengan selera penyajian kopinya yang terlihat sederhana. Tempe mendoan pun rasanya cukup gurih dan garing meski sebenarnya lebih tepat disebut tempe kemul atau tempe tepung.

Secara keseluruhan Banaran 9 Coffe and Tea lebih menarik dibandingkan dengan Kopi Eva (Eva Coffe House) karena memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan menu makanan yang lebih beragam. Namun mengenai rasa kopinya tidak ada perbedaan atau hampir sama karena ditanam di tempat yang berdekatan. (text/foto: annosmile)

CABANG

  • Kampoeng Kopi Banaran. Jl. Raya Bawen – Solo KM 1,5 Bawen, Kab. Semarang, telepon (0298) 7101770
  • Banaran 9 Resort Hotel (Kawasan Wisata Agro Kampoeng Kopi Banaran). Jl. Raya Bawen – Solo, Bawen, Kab. Semarang
  • Banaran 9 Coffee & Tea Gemawang. Jl Raya Semarang – Yogyakarta, Gemawang, Kec. Jambu – Kab. Semarang, telepon (0298) 599606
  • Banaran 9 Coffee & Tea Warnasari. Jl. Raya Banjar – Majenang KM 9 Mergo, Kec. Dayeuh Luhur, Kab. Cilacap, telepon (0265) 741973
  • Banaran 9 Coffee & Tea Colomadu. Jl. Adisucipto – Surakarta, telepon (0271) 780600
  • Banaran 9 Coffee & Tea Semarang.  Jl. Tri Lomba Juang no. 3 Mugas Semarang.

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Event Jogja Dot Com:

    wah bikin ngiler, menjelang waktu berbuka puasa di jogja ^^

  2. Idah Ceris:

    Bingung gak, sih. Kalau membaca komposisi yang ada di daftar menu, Mas. :lol:

  3. PRofijo:

    Dolanane neng cafe 

Kirim pendapat