Review Pemakaian Ban IRC NR69

Review Pemakaian Ban IRC NR69
3.7 (73.33%) 6 vote[s]

Ban IRC NR69 (NR 69) merupakan salah satu tipe ban keluaran lama dari pabrikan IRC Tire atau yang sering dikenal dengan nama Ban IRC. Ban IRC seri NR69 ini saya pilih untuk menggantikan ban depan luar sepeda motor Honda Supra-X 100cc kepunyaan saya. Sebagai seri lama dari pabrikan IRC, ban seri NR69 masih cukup favorit menjadi pilihan pengguna sepeda motor. Beberapa informasi menyebutkan bahwa seri ban ini merupakan ban standar yang digunakan untuk sepeda motor seri-seri lama.

Ban Luar IRC NR69

Keunggulan Ban IRC NR69 yang dilansir dari situs resminya adalah performa yang bagus dalam segala kondisi cuaca, pembuangan air yang sempurna dan efektif dalam pengereman. Fitur unggulan yang diusung adalah banyak blok blok kecil dengan alur yang searah dan garis tengah yang tidak terputus. Hal ini yang menjadi pertimbangan saya memilih ban tipe ini dibandingkan seri yang lain. Kinerja ban ini pun cukup diakui oleh pengguna kendaraan roda dua hingga saat ini dan masih menjadi pilihan utama walaupun tergolong seri lama. Isu menurunnya kualitas Ban IRC pun tidak mempengaruhi permintaan Ban IRC seri NR69 ini.

Telapak Ban Luar IRC NR69

Kekurangan Ban IRC NR69 antara lain tipe ban ini kurang nyaman digunakan untuk bermanuver karena permukaannya yang kurang rata dan terlalu banyak pola. Banyaknya pola membuat ban ini terasa kurang nyaman saat melewati jalanan halus di pusat perkotaan namun masih nyaman ketika digunakan untuk perjalanan ke luar kota. Selain itu ban tipe ini jarang ditemukan di dealer motor atau toko sparepart motor karena peminatnya tidak banyak. Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan tipe lain atau ban standar dengan merk yang sama.

Baca Juga  Rekomendasi Ukuran Ban Untuk Honda Beat FI

Selama menggunakan ban luar IRC NR69, saya cukup puas dengan performanya dibandingkan dengan ban lama yang pernah saya gunakan. Kinerjanya yang mampu digunakan di segala medan saya akui ketika melewati jalan yang sedikit rusak atau jalan berbatu. Blok-blok kecil pada telapak ban mempermudah melewati kondisi jalan yang kurang baik. Pilihan saya mengenai Ban IRC NR69 untuk mendukung aktivitas saya menjelah daerah terpencil dan medan jalan yang sulit sepertinya tidak salah. Harganya pun cukup murah terjangkau dengan budget sekitar 120-130rb. Dibalik kelebihan dan kekurangan yang ada, pengguna kendaraan tetap harus mengedepankan keselamatan berkendara saat berlalu lintas. (text/foto: annosmile)

SPESIFIKASI

Brand : IRC Tire
Seri : NR69
Tipe : Tubetype
Produksi : PT. Gajah Tunggal Tbk
Buatan : Indonesia.
Ukuran : 70/90 14
Indikasi kecepatan : P
Indikasi Beban : 38
Max beban : 290 lbs
Max tekanan : 225 kpa
Kedalaman tapak : 4 mm

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Slow_down:

    saya juga penggemar irc tipe ini, memang diakui tipe ini paling handal disegala medan.

    mengenai isu kualitas ban irc menurun, sepertinya bukan kualitas irc yg menurun. tapi perbedaan jenis karet pada irc tipe lain.

    contoh saja ban irc tipe nr72 / 73 yg sering cepat benjol.
    tapi tidak cepat benjol pada ban irc nr 69 atau mungkin tipe lain.

    • admin:

      Hi Slow_down,
      Terima kasih atas sharing pengalamannya ya :-)

Kirim pendapat