Review Ban Federal FT235

Review Ban Federal FT235
2.6 (52%) 5 vote[s]

Ban Federal FT235 merupakan salah satu tipe ban yang dikeluarkan oleh pabrikan Federal. Ban Federal ini telah terpasang pada sepeda motor matic Honda Beat FI yang saya beli dari dealer motor di kota Yogyakarta. Beberapa informasi menyebutkan bahwa seri ban ini merupakan ban standar yang digunakan untuk beberapa tipe sepeda motor matic pabrikan Honda yang belum lama ini diluncurkan.

Ban Federal FT235

Kelebihan atau keunggulan Ban Federal FT235 yang utama adalah  jenis ban ini banyak ditemukan di hampir seluruh dealer motor hingga toko sparepart (oderdil) sepeda motor. Harganya pun cukup terjangkau karena diproduksi secara massal atau banyak. Fitur yang disematkan pada ban ini tidak diketahui karea minimnya informasi dari situs resminya. Bentuk pola atau guratan yang ada cocok digunakan pada medan jalan perkotaan hingga jalanan desa yang beraspal halus. Kinerjanya melewati jalanan perkotaan cukup diakui dan menjadi standar pabrikan kendaraan sepeda motor khususnya jenis matic.

Kekurangan Ban Federal FT235 antara lain ban motor ini terasa sedikit licin dan rawan terjadi slip ketika melewati jalanan yang licin setelah dilanda hujan. Selanjutnya ban ini juga kurang cocok digunakan untuk melewati medan jalan tanah, jalan berbatu, hingga  jalan berpasir karena polanya minimalis dan mudah terjadi slip. Selama penggunaan Ban Federal FT235 sebenarnya saya kurang puas dengan performanya. Namun saya belum buru-buru untuk menggantinya dengan merk dan jenis lain karena kondisinya masih layak pakai dan masih memenuhi standar keamanan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Daftar Alamat Vulkanisir Ban Di Gunungkidul

SPESIFIKASI

Brand : Federal
Seri : FT235
Tipe : Tubetype
Produksi : PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI)
Buatan : Indonesia
Ukuran : 80/90 17
Indikasi kecepatan : –
Indikasi Beban : –
Max beban : –
Max tekanan : –
Kedalaman tapak : –

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. cumilebay.com:

    Udahlama ngak ganti ban sepeda

  2. IND:

    Terima kasih reviewnya,
    jadi punya wawasan.
    terutama terkait licinnya ban :D

    • admin:

      Hi IND,
      Semoga informasinya membantu ya :-)

  3. carls:

    benar sekali…ban luar SRI/FT 235 ini memang licin mudah slip saat jalanan basah apalagi saat hujan deras..memaksa saya harus mengendarai motor dengan pelan2 menghindari celaka…itulah pengalaman saya terhadap ban tsb dan rasanya tidak recommended…salam..

  4. rider:

    ini bawaan vario 150 saya, motor saya kemarin terpeleset waktu hujan, ternyata memang licin ya bannya

    • admin:

      Hi Rider,
      Emang kinerjanya kurang baik menurut pengalaman saya :-)

  5. HF:

    Saya tidak tahu apakah temen2 pengguna yang lain juga mengalami hal yang sama.

    Ban ini juga sama ada pada Vario 125 2018 saya. Hampir tiap minggu saya PP Waru (Sidoarjo) – Purwosari (Pasuruan) melewati jalan yang penuh dengan gelombang. Ban depan saya selalu seolah-olah terlalu lembek dan seperti kempes di sisi kiri atau kanannya. Dan ini menjadi keluhan saya selama pemakaian 6 bulan. Saya juga sudah ke bengkel resmi AHASS di Sukorejo, dicek bodinya tidak apa2. Tetap saja bannya kerasa tidak imbang, apalagi di kecepatan tinggi. Solusinya, saya minggir dulu sebentar untuk ngasi ban biar bisa bernafas lagi. Kemudian baru lanjut.

    Mungkin teman2 yang lain juga mengalami hal yang sama?

Kirim pendapat