Balap Gerobak Sapi, Keunikan Atraksi Balap Sapi Dari Jogja

Balap Gerobak Sapi, Keunikan Atraksi Balap Sapi Dari Jogja
2.5 (50%) 2 votes

Balap Gerobak Sapi merupakan rangkaian acara tahunan Festival Gerobak Sapi Yogyakarta selain Karnaval Keliling Gerobak Sapi. Perlombaan atau balapan ini kadang diselenggarakan pada pertengahan acara dan kadang diselenggarakan pada akhir acara. Keberadaannya menjadi daya tarik utama karena cukup unik dan tidak ditemukan di tempat lain.

suasana-start-balap-gerobak-sapi-jogja

Lokasi lintasan Balap Gerobak Sapi berada di Lapangan Pacuan Kuda samping Stadion Sultan Agung Bantul. Lintasan balap merupakan lintasan lurus dengan panjang sekitar 400 meter. Setiap perlombaan balap diikuti oleh 2 (dua) gerobak sapi yang dikemudikan oleh “bajingan” sebutan untuk penunggang gerobak sapi. Gerobak sapi khusus untuk balapan sudah dipersiapkan oleh panitia dan peserta tidak perlu menggunakan gerobaknya. Peserta atau bajingan hanya mempersiapkan 2 (dua) ekor sapi yang digunakan unutk balapan dan memasangnya pada gerobak sapi yang disediakan oleh panitia.

pengemudi-gerobak-sapi-mengambil-berlari-mengambil-bendera-dalam-balap-gerobak-sapi-jogja

Peserta Balap Gerobak Sapi dimana masing-masing 2 (dua) orang bajiangan diberi kesempatan mempersiapkan gerobak sapinya di garis start selama beberapa menit. Selanjutnya ketika semua peserta sudah siap acara balapan dimulai. Tanda dimulainya perlombaan balap ini dengan aba-aba terompet dari salah satu panitia. Seketika itu sapi yang menarik gerobak langsung berlari melintasi jalur perlombaan. Penonton yang menonton dari balik pagar lintasan langsung bersorak sorak mendukung para bajingan agar segera tiba di hgaris finish. Pada tengah-tengah perlombaan, salah satu bajingan atau pengendara gerobak sapi turun ke bawah untuk berari mengambil bendera yang menjadi syarat perlombaan dan tantangan perlombaan. Pemenang Balap Gerobak Sapi adalah “bajingan” yang pertamakali melewati garis finish sambil membawa bendera yang harus diambil atau dibawa pada pertengahan lomba.

peserta-balap-gerobak-sapi-jogja-mendekati-finish

Atraksi Balap Gerobak Sapi dalam Festival Gerobak Sapi ini memang bukan satu-satunya atraksi balap sapi di Indonesia. Atraksi balap sapi yang cukup populer di Indonesia dan sudah dikenal luas adalah tradisi Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat kemudian menyusul Festival Sapi Brujul di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur yang belum lama digelar. Diharapkan atraksi balap gerobak sapi dalam festival tahunan ini mampu menarik jumlah wisatawan untuk berlibur ke Yogyakarta dan sekitarnya. (text/foto: annosmile)

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Iqbal Kautsar:

    bajingan tenan mas

    • admin:

      Hi Iqbal Kautsar,
      hahaha iyo mas

  2. Nasirullah Sitam:

    Akeh banget bajingan neng kono hahahhahahah

    • admin:

      Hi Nasirullah Sitam,
      Weh kesempatan nyebut kata kui iki..hahahaha

  3. Halim:

    Jadi ini lomba para “bajingan” ya? Hahaha. Seru ya bro. Wingi dikandani kancaku mefet jadi gak iso diniati nonton acara iki. Tahun ngarep colek-colek donk yen meh ono maneh. :-D

    • admin:

      Hi Halim,
      Iya barengan sama Festival Payung di Solo, aku milih ini yang deket saja hehe

  4. Kampung Inggris:

    Kya’nya seru…. jdi pengen nonton….

    • admin:

      Hi Kampung Inggris,
      Iya silakan berwisata ke Yogyakarta :-)

  5. rizzaumami:

    sapinya ginuk-ginuk gitu, pasti dagingnya lezat

Kirim pendapat