Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta Dan Sejarah Dalem Jayadipuran

Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta Dan Sejarah Dalem Jayadipuran
3 (60%) 1 vote

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta terletak di Jalan Brigjen Katamso 139 Yogyakarta. Balai ini menempati bangunan kuno dan bersejarah yang bernama Dalem Jayadipuran. Dalem Jayadipuran merupakan bangunan rumah Jawa dengan bentuk limasan. Pada awalnya Dalem Jayadipuran bernama Dalem Dipowinatan sesuai dengan pemiliknya yaitu KRT Dipowinata dan nama kampung di sekitar Dalem bernama Kampung Dipowinatan. Setelah KRT Dipowinata meninggal tahun 1911, bangunan Dalem ini dihuni oleh Raden Tumenggung Dipownata II hingga tahun 1914. Mulai tahun tersebut hak anggaduh tanah kemudian oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII dihadiahkan kepada menantunya yang bernama KRT Jayadipura. Sejak itulah bangunan Dalem tersebut kemudian populer dengan sebutan Dalem Jayadipuran.

Dalam Jayadipuran dibangun pada tahun 1847 oleh Raden Tumenggung Dipawinata seorang abdi dalem Bupati Anom, sehingga saat ini bangunan tersebut telah berusia lebih dari 160 tahun. Sebagai bangunan bersejarah, Dalem Jayadipuran mempunya peranan sangat penting di masa pergerakan nasional diantaranya

  1. 29 Mei – 3 Juni 1919 digunakan untuk Kongres Jong Java I
  2. 23 – 27 Mei 1923 digunakan untuk Kongres Jong Java II
  3. 22 -2 5 Desember 1928 digunakan sebagai Kongres Perempuan I

Dari beberapa kegiatan yang pernah dilaksanakan di Dalem Jayadipuran tersebut membuktikan bahwa Dalem Jayadipuran merupakan bangunan bersejarah dan keberadaannya perlu dilestarikan. Saat ini Dalem Jayadipuran telah tercatat sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) yang didasarkan pada Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia No. 26/KP.No.0070/MKP/2007, tanggal 26 Maret 2007. Kini Dalem Jayadipuran difungsikan sebagai Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.

Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta merupakan UPT (Unit Pelaksana Teknis) dibawah Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan, dan Kebudayaan. Tugas yang diemban adalah melaksanakan pelestarian terhadap aspek-aspek tradisi, kepercayaan,kesenian, perfilman, dan kesejarahan. Wilayah kerja BPNB Yogyakarta meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), provinsi Jawa Tengah, dan provinsi Jawa Timur. adapun fungsi yang harus dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta adalah: pelaksanaan pelestarian meliputi pengkajian, perlindungan, pengembangan, fasilitasi, kemitraan, pendokumentasian dan penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman dan kesejarahan, disamping pelaksanaan urusan ketatausahaan BPNB Yogyakarta. (text: annosmile *dari berbagai sumber*)

INFORMASI
Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta
Jl. Brigjen Katamso 139 Yogyakarta 55152 (Dalem Jayadipuran)
Telp : (0274) 373241, 379308
Fax : (0274) 381555
Email : senitra@bpnb-jogja.info
Website : www.kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbyogyakarta

Kirim pendapat