Bakso Pak Min Kraton dan Kisah Bakso Wonosari Tempo Dulu

Bakso Pak Min Kraton merupakan satu-satunya penjual bakso yang berada di dekat pintu masuk halaman Magangan Kraton Yogyakarta atau pintu masuk wisata Kraton Yogyakarta. Namanya memang tidak terkenal bahkan tidak dikenal kecuali warga setempat yang kadang jajan di warung ini. Tidak ada spanduk nama pada warung bakso ini. Penampilanya pun tambah sederhana, hanya terdiri dari gerobak bakso, 3 (tiga) meja beserta bangku, dan tenda dari terpal.

Warung Bakso Pak Min beralamat di area gerbang masuk Keben Kraton Yogyakarta sisi barat, kelurahan Kadipaten, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta.

Ada sebuah cerita bahwa bakso Pak Min ini sebenarnya cukup legendaris bagi warga yang pernah tinggal di sekitar area Keben Kraton Yogyakarta. Pak Min si penjual bakso ini sudah cukup lama menjajakan dagangannya sejak tahun 1984 atau lebih dari 2 (dua) dekade tahun. Menurut cerita beliau menggantikan senior penjual bakso yang berasal dari satu desa yaitu Pak Burik. Pak Burik yang asli dari Wonosari Gunungkidul kala itu didampingi Pak Yanto yang masih berjualan minuman hingga saat ini. Usaha jualan bakso yang dikelola Pak Min dijalankan apa adanya, dengan ciri khas hidangan bakso khas Wonosari tempo dulu tanpa ada perubahan. Dari dulu hingga sekarang tidak ada niatan untuk mengembangkan usahanya lebih besar. Beliau cuma berharap dagangannya segera habis dan besok bisa berdagang kembali.

Baca Juga  Samsat Wirogunan Yogyakarta, Cepatnya Membayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor

Penyajian bakso komplit di Warung Bakso Pak Min Kraton terdiri dari 2 (dua) bakso sapi, 1 (satu) bakso urat, bakmi kuning, bakmi putih, potongan bakso goreng, dan 2 (dua) potong pangsit. Kuahnya terlihat bening tanpa ada lemak ataupun minyak yang menambah gurihnya hidangan bakso. Saat mencicipi baksonya terasa empuk dan komposisinya berimbang antara tepung dengan daging. Hal yang cukup menarik sebenarnya pada bakso uratnya yang kenyal dan kaya akan urat sapi atau lemak sapi. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penguat rasa buatan sepertinya masih dibawah normal dan tidak terlalu terasa.

Cita rasa sajian bakso di Warung Bakso Pak Min Kraton mungkin tergolong biasa bahkan mungkin kalah enak dan menarik dibandingkan warung-warung bakso yang beterbaran di sekitar Yogyakarta. Namun bagi saya pribadi, menemukan Warung Bakso Pak Min Kraton merupakan sesuatu al yang berharga. Saya bisa mengenal beliau yang sederhana dan mengetahui cita rasa asli Bakso Wonosari yang belum berubah dari sejak awal beliau berjualan. Hal ini dapat menjadi dasar parameter rasa atau cita rasa Bakso Wonosari mengomentari Bakso Wonosari yang lain. Harga yang ditawarkan tergolong murah untuk ukuran harga jajanan bakso di kawasan wisata dan tergolong standar untuk ukuran kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Bakso Pak Min
Area gerbang masuk Keben Kraton Yogyakarta sisi barat, kelurahan Kadipaten, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB (habis)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Erdjon:

    Thanks infonya, saya suka bakso yang model seperti ini, old fashion… Nanti coba baksonya kalau lagi lewat ke Jogja!

    • admin:

      Hi Erdjon,
      Silakan dicicipi klau sedang berwisata di Kraton Yogyakarta ya :-)

Kirim pendapat