Sajian Mie Ayam Bakso Di Warung Bakso Mangkok Beranak Jogja

Sajian Mie Ayam Bakso Di Warung Bakso Mangkok Beranak Jogja
2 (40%) 3 votes

Bakso Mangkok Beranak Jogja merupakan salah satu warung yang menyediakan menu utama bakso beranak di sekitar Yogyakarta. Keberadaan menu bakso beranak sempat menjadi perbincangan dan membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya. Selain menu bakso beranak, warung ini juga menyediakan menu mie ayam dan milkshake.

Bakso Mangkok Beranak Jogja beralamat di Jalan Letjen S. Parman No. 67, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta 55251.

Lokasi Warung Bakso Mangkok Beranak Jogja berada di daerah Patangpuluhan atau tepatnya di sebelah timur dari perempatan lampu merah Patangpuluhan. Bila Anda hapal dengan Soto Pak Marto Taman Sari atau Soto Bu Cip, warung bakso ini ada beberapa puluh meter di sebelah baratnya. Area parkir yang disediakan cukup terbatas menggunakan tepi jalan. Namun jangan khawatir ada petugas parkir yang mengatur parkir pengunjung agar rapi dan tidak mengganggu lalulintas jalan umum. Menu yang ditawarkan warung ini ada tiga jenis yaitu bakso, mie ayam, dan milkshake dengan beberapa variasi penyajian. Saat saya membaca daftar menu, saya tertarik untuk mencicipi menu mie ayam bakso.

Penyajian Mie Ayam Bakso di Warung Bakso Mangkok Beranak Jogja menggunakan mangkok putih dengan ukuran sedang. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, 4 (empat) buah bakso sapi, taburan seledri, taburan bawang goreng, dan sepotong pangsit goreng. Porsi mie ayam terlihat biasa atau standar porsi mie ayam pada umumnya. Bakmi atau mie berukuran tanggung dengan bentuk tidak bergelombang. Mie yang digunakan cukup kenyal dengan tingkatan kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong agak berbentuk dadu bercampur dengan tulang ayam. Bagi sebagian orang, adanya tulang ayam pada topping ayam kurang disukai dan dihindari.

Kuah sajian mie ayam terlihat bening kecoklatan namun cukup berminyak. Saat saya mencicipi kuahnya seperti kuah bakso dan saya menduga kuah yang digunakan merupakan kuah kaldu sapi. Keberadaan kuah bakso bagi saya sendiri justru merusak cita rasa sajian mie ayam. Hal ini membuat cita rasa mie ayam menjadi terlalu gurih dan bumbu mie ayam menjadi hilang atau tidak terasa. Selain itu rasa gurih yang berlebih juga tidak lepas dari terlalu banyak penggunaan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (msg). Saya berharap penjual dapat memisah antara kuah mie ayam dengan kuah bakso. Untuk cita rasa baksonya sendiri tergolong standar dan mirip seperti rasa bakso di Warung Bakso Bom Wong Solo Yogyakarta yang pernah saya kunjungi. Harga yang ditawarkan Warung Bakso Mangkok Beranak Jogjatergolong mahal karena warung ini menjual kemasan makanan unik yaitu bakso beranak yang sempat ramai diperbincangkan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bakso Mangkok Beranak Jogja
Jl. Letjen S. Parman No. 67, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta 55251

Jam Buka
Setiap hari mulai kupul 10.00 s/d 22.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ella Fitria:

    Kl ke jogja nyoba ke wirojaban ah, mampir ke sini.. Bikin ngiler e

Kirim pendapat