Bakso Kang Gandul, Legenda Bakso Klasik Dari Maguwo Sleman

Bakso Kang Gandul merupakan salah satu warung bakso yang cukup legendaris di daerah Maguwoharjo Sleman. Warung ini dulu dikenal sebagai “bakso bledug” karena berada di tanah lapang yang gersang dan berdebu. Namun kesan “bledug” tersebut hilang ketika tanaha lapang tersebut berubah menjadi komplek perkantoran dan hunian warga. Konon keeberadaan warung bakso ini telah ada lebih dari 3 dekade atau 30 tahun lalu. Saat ini usaha warung bakso masih setia dijalani oleh Kang Gandul beserta istrinya.

Warung Bakso Kang Gandul beralamat di Jalan Beringin Raya, desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

LokasiĀ Bakso Kang Gandul berada di dekat Stadion Maguwoharjo Sleman, Rute termudah menuju warungbakso ini dari Ringroad Utara ke arah timur hingga pertigaan Lotte Mart. Ambil jalan ke kiri menuju ke arah Stadion Maguwoharjo. Sesampai di perempatan lalu lintas yang terdapat Pasar Setan, ambil jalan ke arah kiri menuju Jalan Sabo. Posisi warung bakso ini berada di persimpangan jalan antara Jalan Beringin Raya dengan Jalan Sabo atau di dinding sebelah barat Balai Sabo DIY. Sedikit tambahan informasi warung bakso ini merupakan warung kaki lima yang mengambil area di trotoar jalan dan menggunakan tenda dari terpal. Menu utama dan satu-satunya yang ditawarkan warung ini adalah bakso daging sapi.

Penyajian menu bakso komplit di Warung Bakso Kang Gandul terdiri dari 6 (enam) bola bakso berukuran normal, bakmi kuning, bakmi putih (bihun), potongan tahu goreng, taburan potongan daun seledri, taburan bawang merah goreng, dan beberapa potong jerohan sapi. Kemasan bakso sapi di warung ini terlihat klasik atau tempo dulu karena tidak menggunakan pangsit ataupun bakso goreng. Cita rasa bakso sapinya cukup menarik dengan bumbu penyusun bakso yang terasa ringan, terasa agak kenyal, dan tepung sedikit berlebih dari biasanya. Bagi sebagian orang yang belum paham, cita rasa seperti ini merupakan cita rasa asli dari bakso klasik atau bakso tempo dulu. Keberadaan monosodium glutamat (MSG) atau penguat rasa buatan sepertinya masih dibawah normal dan tidak terlalu terasa.

Baca Juga  Siomay & Batagor 1512 Kang Is, Pilihan Kuliner Siomay Di Tepi Jalan Magelang Yogyakarta

Harga yang ditawarkan Warung Bakso Kang Gandul ini terhiung cukup murah dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Tidak heran bila warung ini sering menjadi persinggahan makan siang bagi para pegawai dan pekerja yang kantornya tidak jauh dari warung bakso tersebut. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Bakso : Rp 8.000,-

Es Dawet : Rp 3.000,-

*update 19 Desember 2017*

Penilaian Menu Bakso Kang Gandul
Overall
7.3/10
7.3/10
  • Bakso Komplit - 7.3/10
    7.3/10
INFORMASI
Warung Bakso Kang Gandul
Jl. Beringin Raya, desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka
Mulai pukul 09.00 s/d 17.00

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. senapan gejluk:

    wah,,, perlu di coba ini :-)

    • admin:

      Hi Senapan Gejluk,
      Silakan dicicipi om :-)

Kirim pendapat