Bakso Arema Soringin, Bakso Khas Malang Terenak Di Depan RS Mata Yap Jogja

Bakso Arema Soringin, Bakso Khas Malang Terenak Di Depan RS Mata Yap Jogja
4 (80%) 2 votes

Bakso Arema Soringin merupakan daya tarik bakso sapi atau bakso urat khas Malang di kota Yogyakarta. Warung ini dikenal juga sebagai Bakso YAP karena letaknya di depan Rumah Sakit Khusus Mata dr. YAP. Asal usul nama soringin berarti bawah pohon beringin karena warung ini menggelar dagangannya dibawah pohon beringin depan rumah tua peninggalan zaman Belanda.

Warung Bakso Urat Arema Soringin terletak di Jalan Teuku Cik Di Tiro No. 6, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta.

Lokasi Bakso Arema Soringin berada di trotoar jalan seberang Rumah Sakit Khusus Mata dr. YAP Yogyakarta. Akses termudah menuju ke warung bakso ini dari arah Bundaran UGM ke arah selatan melewati Rumah Sakit Panti Rapih hingga tiba di seberang RUmah Sakit Khusus Mata dr. Yap. Posisi warung bakso ini berada di sisi kiri jalan atau timur jalan. Area parkir kendaraan yang tersedia hanya untuk kendaraan roda dua dan itu menggunakan halaman rumah tua di belakang warung bakso ini. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat sebaiknya mengurungkan niat ke warung bakso ini karena selain kesulitan untuk memarkir kendaraan, kendaraan roda empat yang diparkir di tepi jalan sempit akan mengganggu arus lalu lintas yang selalu ramai.

Pengunjung Warung Bakso Arema Soringin yang baru datang dipersilakan memesan menu makanan terlebih dahulu di penjual yang berdiri di samping gerobak. Selanjutnya pengunjung mencari tempat duduk yang masih kosong di meja kursi atau lesehan di belakang warung atau bawah pohon beringin. Untuk menu minuman tergolong biasa dan hanya terdapat pilihan minuman teh serta jeruk saja.

Penyajian menu bakso komplit di Warung Bakso Arema Soringin terdiri dari (3) tiga bola bakso berukuran normal yang terdiri dari bakso daging sapi dan bakso urat sapi, bakmi kuning, taburan potongan daun seledri, taburan bawang merah goreng, 1 (satu) buah bako goreng, dan 1 (satu) buah pangsit goreng. Bila masih kurang, pengunjung bisa meminta tambahan bakso goreng dan pangsit goreng. Saat mencicipi bakso sapi, terasa cukup gurih, kenyal, berbumbu, dan cukup terasa daging sapinya. Untuk bakso goreng dan pangsit goreng terasa empuk, renyah, dan tidak sulit ketika dikunyah. Kuahnya terasa gurih kaldu daging sapi namun tidak berlebihan kadar monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan.

Bagi saya sendiri, cita rasa sajian Bakso Aream Soringin ada kemiripan rasa dengan Bakso Kota Cak Man yang sama-sama berasal dari kota Malang Jawa Timur. Harga yang ditawarkan tergolong murah dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Bakso Arema Soringin dapat menjadi pilihan bersantap bakso sapi di pusat kota Yogyakarta khususnya wilayah yang dekat dengan kampus Universitas Gajah Mada dan jalan protokol Jendral Sudirman. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bakso Urat Arema Soringin
Jl. Teuku Cik Di Tiro No. 6, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulia pukul 11.00 s/d 19.00 WIB (atau habis)

Kirim pendapat