Menikmati Bakmi Mataraman Mas Pet Bun Dengan Suasana Khas Kraton Yogyakarta

Bakmi Mataraman Mas Pet Bun merupakan warung bakmi jawa yang berada di stand kuliner di tepi Jalan Magangan Kulon atau timur Pasar Ngasem. Keberadaannya cukup dikenal bagi penikmat kuliner dalam area Beteng kraton. Kemasan warungnya cukup sederhana dengan meja kursi kayu namun suasananya cukup unik mengingat berada dalam lingkungan kompleks Kraton Yogyakarta.

Bakmi Mataraman Mas Pet Bun beralamat di Jalan Magangan Kulon, kelurahan Panembahan, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta 55132.

Lokasi Warung Bakmi Mataraman Mas Pet Bun berada di sentra penjual makanan Magangan Kulon yang berada di sebelah timur Pasar Ngasem. Rute menuju warung ini dari pertigaan Pasar Ngasem ke timur hingga menemui pertigaan yang terdapat pohon beringin (oleh warga setempat disebut Sompilan). Ikuti jalan ke timur menuju ke arah Bangsal Magangan Kraton Yogyakarta sejauh belasan meter. Perhatikan sisi kiri jalan ada gang kecil masuk dan disitulah letak warung bakmi jawa bersama warung makanan dan minuman yang lain. Menu yang ditawarkan oleh Warung Bakmi Mataraman Mas Pet Bun sama seperti warung bakmi jawa pada umumnya yaitu ada bakmi godhog (rebus), bakmi goreng, nasi goreng magelangan, rica-rica ayam, dan sebagainya.

Penyajian bakmi godhog atau mie rebus di Warung Bakmi Mataraman Mas Pet Bun menggunakan mangkok putih modern berukuran agak besar. Semangkuk bakmi godhog berisi bakmi kuning yang direbus, irisan kubis, irisan daun bawang, potongan daging ayam kampung, irisan cabe, taburan seledri, dan taburan bawang goreng. Porsi bakmi godhog tergolong standar namun cukup mengenyangkan. Potongan daging yang digunakan menggunakan daging ayam kampung dan jumlahnya cukup melimpah. Kuahnya terlihat kuning agak kental karena tersusun dari bumbu, kaldu ayam, dan telur ayam yang dicampur saat memasak.

Baca Juga  Tradisi Nyadran Makam Sewu Bantul Menjelang Bulan Puasa

Cita rasa yang ditawarkan Bakmi Godhog di Warung Bakmi Mataraman Mas Pet Bun merupakan kombinasi rasa gurih dan rasa manis khas masakan Jawa. Namun cita rasa manis pada masakan ini masih dalam batas normal dan masih nyaman untuk dinikmati. Bumbu khas bakmi jawa cukup terasa dan bagi saya pribadi terasa cukup pas dilidah. Penggunaan bahan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (MSG) tidak terasa pada masakan ini. Harga yang ditawarkan agak mahal namun sebanding dengan cita rasanya. Secara keseluruhan warung ini dapat menjadi alternatif Bakmi Jawa Pak Pele Alun-Alun Utara Yogyakarta atau Bakmi Doring. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Bakmi Mataraman Mas Pet Bun
Overall
8/10
8/10
  • Bakmi Godhog - 8/10
    8/10
INFORMASI
Bakmi Mataraman Mas Pet Bun
Jl. Magangan Kulon, kelurahan Panembahan, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta 55132

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 24.00 WIB

Kirim pendapat