Bakmi Jawa Pak Sipin, Bakmi Jawa Legendaris Yang Terlupakan Di Jombor Sleman

Bakmi Jawa Pak Sipin, Bakmi Jawa Legendaris Yang Terlupakan Di Jombor Sleman
3.5 (70%) 2 votes

Bakmi Jawa Pak Sipin merupakan salah satu pilihan bersantap bakmi jawa di sekitar Jembatan Layang Jombor Sleman. Keberadaan warung bakmi jawa ini sebenarnya cukup lama dan hampir seusia dengan Bakmi Pak Pur yang ada di sisi timur jembatan layang. Bisa dibilang warung bakmi jawa ini adalah warung bakmi jawa legendaris yang terlupakan karena tidak terkenal. Namun pada kenyataannya setiap hari warung ini selalu ramai oleh pembeli sama seperti Warung Bakmi Pak Pur.

Bakmi Jawa Pak Sipin terletak di Jalan Magelang, desa Sendangadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55284.

Lokasi Bakmi Jawa Pak Sipin berada di utara Terminal Bus Giwangan dan dekat dengan turunan Jembatan Layang Jombor. Rute termudah menuju warung bakmi jawa ini dari arah selatan melalui Jalan Magelang melewati jalur bawah jembatan layang ke utara atau arah Magelang. Setelah melewati pintu masuk Terminal Bus Jombor di sisi kiri kurangi kecepatan dan posisi warung berada di kiri jalan dekat dengan pertemuan jalan bawah dengan jalan atas jembatan. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua dan itupun terbatas menggunakan lahan sempit di sebelah warung. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan roda empat harus parkir di area terminal atau agak menjauh dari warung ini.

Menu makanan yang ditawarkan Warung Bakmi Jawa Pak Sipim antara lain bakmi goreng, bakmi rebus, nasi goreng, dan nasi magelangan goreng. Tidak ada menu bakmi kecil atau bihun goreng seperti warung bakmi jawa khas Gunungkidul. Jadi bisa disimpulkan masakan warung ini adalah masakan bakmi jawa biasa. Pengunjung dapat meminta tambahan bagian daging ayam seperti sayap, kepala, ati ampela, dan uritan ayam. Proses pemasakan menu makanan di warung ini kadang digabung 2 hingga 4 porsi untuk mempercepat penyajian dan pengunjung tidak menunggu terlalu lama. Namun pengunjung tidak perlu meragukan hasil masakannya karena ditangani langsung oleh pemilik warung bakmi jawa.

Penyajian Nasi Goreng Magelangan menggunakan piring putih tanggung kha penjual bakmi jawa keliling. Porsinya terbilang banyak untuk ukuran porsi nasi goreng di warung bakmi jawa. Komposisi yang terlihat dominan pada sajian nasi goreng magelangan ini antara lain nasi putih, bakmi kuning, daging ayam, irisan daun bawang, dan kubis. Bakmi kuning yang digunakan pada sajian nasi goreng magelangan ini menggunakan mie keriting atau mie kering yang telah direbus. Daging ayam yang digunakan menggunakan daging ayam merah atau ayam petelur. Cita rasa yang ditawarkan cenderung gurih manis dengan kombinasi rasa manis dan asin yang tidak berlebihan. Bagi saya sendiri cita rasanya condong ke arah masakan bakmi jawa biasa bukan bakmi jawa khas Gunungkidul seperti Bakmi Jawa Kadin Bakmi Jawa Pele, Bakmi Jawa Harjo Geno, dan sebagainya yang agak dominan ke arah manis. Harga yang ditawarkan tergolong murah untuk harga makanan di sekitar daerah Jombor Sleman. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Bakmi Jawa Pak Sipin
  • 7.4/10
    Nasi Goreng Magelangan - 7.4/10
7.4/10
INFORMASI
Bakmi Jawa Pak Sipin
Jl. Magelang, desa Sendangadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55284

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 18.00 s/d 24.00 WIB

Kirim pendapat