Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta, Cita Rasa Turun Temurun Yang Mulai Memudar

Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta, Cita Rasa Turun Temurun Yang Mulai Memudar
3.2 (64%) 5 vote[s]

Warung Bakmi Jawa Pak Rebo merupakan salah satu warung bakmi jawa yang telah lama berdiri di sekitar Yogyakarta. Keberadaannya bisa dianggap legendaris karena usahanya sudah turun temurun dan saat ini dikelola oleh generasi ketiga dari Pak Rebo. Awal mula berdiri Bakmi Jawa Pak Rebo merupakan warung kakilima kemudian berkembang dan saat ini menyewa sebuah kios tidak jauh dari lokasi pertamakali membuka dagangannya.

Warung Bakmi Pak Rebo terletak di Jalan Brigjen Katamso 167 Yogyakarta atau tepatnya di sebelah selatan SD Kintelan. Merupakan salah satu daya tarik wisata kuliner bakmi Jawa di kota Yogyakarta yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Warung Bakmi Pak Rebo juga dikenal dengan bakmi paku karena menggunakan paku sebagai tusuk pembungkus apabila kita memesan bakmi dibungkus untuk dibawa pulang.

Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta Dari Depan

Lokasi Warung Bakmi Jawa Pak Rebo cukup mudah ditemui karena berada di pinggir salah satu jalan besar di pusat kota Yogyakarta. Posisi kios yang saat ini ditempati tepat berada di sebelah selatan SD Kintelan atau sekitar 100 meter ke utara dari Pojok Beteng Wetan Kraton Yogyakarta. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di tepi jalan karena warung ini tidak menyediakan area parkir. Kendaraan roda dua dapat diparkir tepat di depan kios Bakmi Jawa Pak Rebo sedangkan kendaraan roda empat dapat diparkir di area tepi jalan yang kosong di depan SD.

Gerobak Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta

Suasana Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta cukup ramai ketika memasuki jam makan malam. Meja kursi yang tersedia hampir penuh terisi pengunjung. Saya langsung memesan menu yang ada berupa bakmi godhog atau rebus dan teh hangat kemudian duduk ke meja kursi yang masih kosong. Sepintas saya melihat daftar antrian pesanan bakmi dan pesanan saya masuk ke nomor sekian dalam antrian tersebut. Tidak masalah walapun harus menunggu beberapa lama hingga tiba antrian saya karena saya penasaran dengan daya tarik rasa yang diberikan warung bakmi jawa ini.

Baca Juga  Sejarah Tiga Zaman di Goa Rancang Kencono Gunungkidul

Warung Bakmi Jawa Pak Rebo dirintis oleh Pak Rebo pada tahun 1945 dan pertama kali berjualan di depan SD Kintelan. Pak Rebo merupakan kakak ipar dari Pak Atmo Wiyono perintis bakmi mbah Mo. Setelah beliau meninggal, usaha warung bakmi Jawa ini diteruskan istrinya dan anaknya. Kemudian memindahkan usahanya ke sebuah rumah disebelah utara SD Kintelan hingga saat ini.

Pengunjung Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta
Minuman teh hangat tersaji di meja sambil menunggu giliran pesanan bakmi Jawa tiba. Saya bersantai menunggu giliran sambil menikmati suasana di dalam warung. Di beberapa sudut terdapat pelanggan yang sedang duduk menikmati bakmi Jawa, di sudut yang lain ada pelanggan yang baru saja duduk dan memesan menu yang ada. Kipas angin yang terpasang di dalam ruangan sepertinya kurang mampu mengurangi hawa panas di dalam warung. Setelah beberapa lama, akhirnya pesanan bakmi godhog saya selesai dan disajikan di meja makan.

Dalam sepiring bakmi godhog atau rebus, kuah yang disajikan hampir memenuhi isi piring. Penyajian bakmi godhog ini hampir sama dengan warung bakmi Jawa yang lain yaitu bakmi godhog diberi taburan bawang merah goreng dan seledri pada bagian atasnya. Warna kuah bakmi godhog yang putih kekuning-kuningan menunjukkan bahwa bakmi ini tidak menggunakan tambahan kecap baik kecap manis ataupun kecap asin.
Bakmi Rebus Khas Warung Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta

Tanpa menunggu lama sayapun langsung menikmati rasa bakmi godhog di Warung Bakmi Jawa Pak Rebo ini. Rasa kuah bakmi godhog cukup gurih karena menggunakan telur bebek atau itik dan bukan telur ayam biasa. Rasa asin cukup pas dilidah dengan bumbu bakmi Jawa yang sama seperti yang lain. Kali ini saya sedikit kecewa dengan rasa kaldu ayam dalam kuah bakmi godhog yang terasa kurang mantap. Bagi orang yang kurang peka sepertinya hal seperti ini bukan merupakan masalah. Ukuran potongan daging dan jumlah bakmi cukup untuk mengenyangkan isi perut.

Baca Juga  Lecker Rumah Kopi dan Resto Yogyakarta, Antara Secangkir Kopi Dan Makan Berat

Cita rasa Bakmi Jawa Pak Rebo Yogyakarta mulai memudar ketika rasa yang ditawarkan tidak seperti para pendahulunya. Bumbunya terasa sedikit hambar sehingga harus menambahkan sedikit garam pada sajian bakmi jawa. Beberapa pelanggan setiap pun menyadari bahwa rasa yang ditawarkan telah berubah. Namun bagi para penikmat yang baru pertamakali atau datang dari jauh, mereka masih bisa menikmati cita rasa yang ditawarkan warung bakmi ini. Setidaknya warung Bakmi Jawa Pak Rebo pernah jaya pada masanya dan hampir menyamai Bakmi Jawa Harjo Geno yang letaknya hanya selisih beberapa ratus meter. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Bakmi Pak Rebo
Jalan Brigjen Katamso 167 Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 18.00 s/d tengah malam

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ragil Duta:

    suk nek aku nang jogja, tolong kasih bocoran alamat kuliner lainnya yaa :D

    • admin:

      Hi Ragil Duta,
      Kabar-kabar ya kalau main ke jogja

Kirim pendapat