Bakmi Jawa Pak M, Racikan Dari Tangan Pertama Di Bintaran Yogyakarta

Bakmi Jawa Pak M merupakan daya tarik kuliner bakmi jawa khas Gunungkidul yang berada di sekitar Bintaran Yogyakarta. Namanya terdengar asing bila dibandingkan warung bakmi jawa disekitarnya yang terkenal seperti Bakmi Jawa Kadin Mbah Hj. Karto atau Bakmi Jawa Pak Paino. Namun masyarakat sekitar sudah mengenal Bakmi Jawa Pak M cukup lama dan mereka rata-rata lebih memilih tempat ini untuk menikmati hidangan bakmi jawa.

Gerobak Bakmi Jawa Pak M Yogyakarta

Lokasi Bakmi Jawa Pak M berada di daerah Bintaran dengan menempati trotoar Jalan Bintaran Wetan Yogyakarta pada sebuah pertigaan jalan kecil. Posisi tepatnya berada di seberang timur Toko Roti Murni dan disebelah utara apotek Bintaran. Warung ini terlihat remang-remang dari tepi jalan karena hanya menggunakan penerangan lampu minyak dan mengandalkan penerangan jalan yang ada di dekatnya. Dari tepi jalan, Bakmi Jawa Pak M kadang tertutup oleh parkir kendaraan roda empat pengunjung Rumah Duka Budi Abadi yang ada disebelah selatannya.

Pak M Sedang Memasak Bakmi Jawa

Bakmi Jawa Pak M Yogyakarta ini lebih tepat disebut pedagang gerobak keliling dibandingkan sebagai warung makan. Alasannya lapak atau tempat jualannya tidak memakai tenda dan hanya menempati emperan sebuah bangunan di tepi jalan. Setiap hari Pak M mendorong gerobaknya dari tempat beliau menginap atau ngekos di kampung Kauman Yogyakarta. Selanjutnya gerobak tersebut dihentikan di trotoar sebuah pertigaan jalan kecil seberang Toko Roti Murni dan menunggu pembeli disana hingga dagangannya habis. Beliau membuak dagangan bakmi Jawa mulai pukul 18.00 hingga tengah malam.

Baca Juga  Panggung Krapyak

Pembeli Bakmi Jawa Pak M Yogyakarta Duduk Di Emperan Bangunan

Daya tarik yang ditawarkan oleh gerobak Bakmi Jawa Pak M Yogyakarta adalah sajian bakmi jawa khas Gunungkidul sesuai daerah asal penjual. Hidangan bakmi jawa dimasak per porsi meskipun jenis masakannya sama misal sama-sama bakmi jawa goreng. Tidak seperti Bakmi Surabaya atau bakmi khas daerah lain yang memasak beberapa porsi sekaligus dalam sekali masak. Hal tersebut merupakan pakem (standar) cara memasak bakmi Jawa dan tetap dipegang teguh oleh para penjual bakmi Jawa. Konon bila pakem ini dilanggar, pembeli akan meninggalkan warung bakmi jawa tersebut karena cita rasa yang ditawarkan telah berubah.

Sajian Bakmi Rebus Gerobak Bakmi Jawa Pak M Yogyakarta

Rasa bakmi jawa yang ditawarkan oleh gerobak Bakmi Jawa Pak M tidak kalah dengan bakmi jawa dari warung yang telah terkenal. Bahkan daya tarik rasanya telah mendapat tempat bagi masyarakat sekitar dan sebagian penikmat bakmi jawa di Yogyakarta. Cita rasanya yang khas dari tangan pertama memang tidak dapat berbohong. Rata-rata penikmat bakmi jawa yang mampir ke tempat ini cukup puas dengan daya tarik rasa yang ditawarkan.

Masyarakat sekitar yang membeli bakmi jawa di gerobak Bakmi Jawa Pak M Yogyakarta hampir semuanya memilih untuk dibungkus dan dibawa pulang. Mungkin sebagian besar diantara mereka ingin menikmati hidangan bakmi Jawa bersama keluarga. Pembeli yang ingin menikmati hidangan bakmi Jawa di lokasi dipersilakan duduk lesehan di emperan bangunan atau beralaskan tikar di trotoar jalan. Kekurangannya, gerobak bakmi Jawa ini tidak menyediakan minuman. Pengunjung dipersilakan membeli minuman di angkringan yang ada disekitarnya atau membawa minuman dari tempat lain. Harga yang ditawarkan Bakmi Jawa Pak M lebih murah dibandingkan dengan warung bakmi jawa lain yang telah terkenal. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    dulu saya penggemar bakmi …sekarang mengurangi makan mie
    sejak teman saya yang jualan mie memberikan testimoni menggunakan bahan2 kimia terutama supaya lebih awet …..
    mudah2-an masih banyak yang alami .. termasuk bakmi jawa yang ini

Kirim pendapat