Bakmi Jawa Mbah Mo, Kuliner Melegenda Dari Pelosok Desa Bantul

Bakmi Jawa Mbah Mo merupakan salah satu kuliner bakmi jawa yang cukup legendaris di selatan kota Yogyakarta tepatnya di daerah Bantul. Warung ini berdiri sejak tahun 1986 atau 2 (dua) tahun lebih muda dibandingkan dengan Bakmi Doring. Hal yang menarik selain cita rasa masakannya adalah cara pemasaran yang getok tular yang dilakoni oleh menantu pemilik warung atau yang dikenal dengan nama Mbah Mo.

Warung Bakmi Jawa Mbah Mo beralamat di desa Code, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55715.

Lokasi Warung Bakmi Jawa Mbah Mo berada di tengah-tengah pemukiman penduduk. Akses menuju warung ini paling mudah ditempuh dari Jalan Bantul ke arah selatan hingga persimpangan Masjid Raya Bantul. Kemudian pilih jalan ke kiri menuju Jalan Lingkar Timur Bantul. Selanjutnya pada sebuah tikungan jalan masuk ke dalam tengah-tengah pemukiman penduduk. Bagi yang baru pertama kali ke tempat ini bisa tersesat karena dari tepi jalan raya tidak terdapat papan petunjuk arah yang jelas. Area parkir yang disediakan tidak terlalu luas namun mampu menampung sekitar 6 hingga 10 kendaraan roda empat.

Warung Bakmi Jawa Mbah Mo menggunakan bangunan sederhana dimana pada bagian dinding dipenuhi kalender dinding yang berlogo usaha di sekitar Bantul. Tempat duduk yang disediakan adalah meja dan bangku kayu dengan sandaran atau tidak. Tidak ada kesan kemewahan pada warung ini dan terkesan apa adanya. Pengunjung yang baru datang dipersilakan langsung memesan kemudian mencari tempat duduk yang masih kosong.

Penyajian bakmi godhog atau mie rebus di Warung Bakmi Jawa Mbah Mo menggunakan piring putih berukuran tanggung. Sepiring bakmi godhog berisi bakmi kuning yang direbus, irisan kubis, potongan daging ayam kampung, taburan seledri, dan taburan bawang goreng. Porsi bakmi godhog cukup standar namun cukup mengenyangkan. Potongan daging yang digunakan menggunakan daging ayam kampung dan jumlahnya cukup melimpah. Kuahnya terlihat kuning agak kental karena tersusun dari bumbu, kaldu ayam, dan telur aya yang dicampur saat memasak.

Baca Juga  Trip to Jawa Timur Park

Cita rasa yang ditawarkan Bakmi Godhog di Warung Bakmi Jawa Mbah Mo merupakan kombinasi rasa gurih dan rasa manis khas masakan Jawa. Namun cita rasa manis pada masakan ini masih dalam batas normal dan masih nyaman untuk dinikmati. Bumbu khas bakmi jawa cukup terasa dan bagi saya pribadi terasa cukup pas dilidah. Penggunaan bahan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (MSG) tidak terasa pada masakan ini. Sebagai pelengkap menikmati bakmi Jawa, di meja makan disediakan cabe rawit untuk menambah cita rasa pedas. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan tergolong agak mahal karena warung bakmi jawa ini telah memiliki nama, melegenda, dan menjadi tujuan kuliner wajib wisatawan yang datang ke Yogyakarta dan sekitar Bantul. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Bakmi Jawa Mbah Mo
Desa Code, kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55715

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 23.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. xitalho:

    mantul…. dadi ngiler eruh photone mie godhok.

    #mampir

Kirim pendapat