Bakmi Jawa Mbah Gito Yogyakarta Dan Konsep Warung Bekas Kandang Sapi

Bakmi Jawa Mbah Gito Yogyakarta Dan Konsep Warung Bekas Kandang Sapi
4 (80%) 1 vote

Bakmi Jawa Mbah Gito merupakan daya tarik kuliner bakmi jawa tradisional di daerah timur kota Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal oleh pecinta kuliner dan wisatawan karena keunikan konsep bangunan warung dengan memadukan antara rumah kayu dengan bangunan bekas kandang sapi. Warung bakmi jawa ini buka menjelang siang hari hingga malam hari.

Bakmi Jawa Mbah Gito terletak di Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, kelurahan Rejowinangun, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55171

Lokasi Warung Bakmi Jawa Mbah Gito berada di sebelah utara Kotagede Yogyakarta. Rute menuju warung bakmi jawa ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Kusumanegara menuju ke arah Kebun Binatang Gembira Loka. Dari Kebun Binatang Gembira Loka ke selatan menuju arah Rejowinangun. Sesampai di pertigaan kecil ambil jalan ke kanan (barat) dan ikuti jalan tersebut hingga ke arah selatan. Saat menemui pertigaan dimana ke arah kanan menuju ke bekas Terminal Umbulharjo atau sekarang disebut XT Square, pilih jalan ke arah kiri. Sekitar 300 meter beselang akhirnya tiba di Warung Bakmi Jawa Mbah Gito. Area parkir yang disediakan cukup untuk menamung beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan beroda dua.

Warung Bakmi Jawa Mbah Gito menempati bangunan rumah yang hampir semuanya berbahan dasar dari kayu. Dari luar terlihat ornamen-ornamen yang menghiasi bangunan seperti gong, apan nama kayu, ranting pohon, dan lentera lampu klasik. Memasuki bangunan warung, pengunjung akan disambut dengan pemandangan koleksi foto orang-orang penting dan terkenal yang pernah mampir di warung bakmi jawa ini. Pengunjung dipersilakan memilih tempat duduk yang tersedia dimana ada tempat duduk secara lesehan dan ada tempat duduk dengan meja kursi.

Menu makanan yang ditawarkan Warung Bakmi Jawa Mbah Gito cukup lengkap mulai dari bakmi godog (rebus), bakmi goreng, nasi goreng, magelangan, rica-rica ayam, cap cay, hingga fuyung hai. Untuk menu minuman yang ditawarkan tergolong standar mulai dari teh, jeruk, susu jahe, jahe, soda gembira, wedang uwuh, dan kopi. Waktu penyajian menu yang dipesan tidak perlu menunggu lama dan tergolong singkat karena warung ini terdapat beberapa juru masak Pengunjung tidak perlu lama menunggu seperti ketika menunggu berjam-jam di Warung Bakmi Jawa Mbah Mo, Bakmi Jawa Pak Rebo, Bakmi Jawa Bu Jazim, atau bakmi jawa terkenal lainnya di sekitar Yogyakarta.

Penyajian menu bakmi goreng di Warung Bakmi Jawa Mbah Gito menggunakan piring tanggung berwarna putih. Porsi bakmi goreng terbilang standar namun cukup mengenyangkan untuk perut yang sedang lapar. Potongan daging yang digunakan menggunakan daging ayam kampung yang jumlahnya cukup banyak dan tidak terkesan pelit. Taburan bawang gorengnya cukup melimpah dan memenuhi bagian tengah bakmi. Cita rasa yang ditawarkan kombinasi rasa gurih dan rasa manis. Namun cita rasa manis pada masakan ini masih dalam batas normal dan masih nyaman untuk dinikmati. Sebagai pelengkap menikmati bakmi Jawa, di meja makan disediakan cabe rawit, acar, dan kerupuk. Harga yang ditawarkan cenderung agak mahal karena selain cita rasa masakan yang ditawarkan juga menjual suasana warung makan yang unik dan menarik. Secara keseluruhan Warung Bakmi Jawa Mbah Gito dapat menjadi salah satu pilihan bersantap hidangan bakmi Jawa khususnya di daerah timur kota Yogyakarta dan daerah Kotagede. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bakmi Jawa Mbah Gito
Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, kelurahan Rejowinangun, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55171

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.00 s/d 23.00 WIB

Kirim pendapat