Bakmi Jawa Harjo Geno Yogyakarta, Dulu Pernah Menjadi Langganan Mantan Presiden RI Soeharto

Bakmi Jawa Harjo Geno Yogyakarta, Dulu Pernah Menjadi Langganan Mantan Presiden RI Soeharto
4 (80%) 4 votes

Bakmi Jawa Harjo Geno merupakan salah satu warung bakmi jawa yang cukup legendaris di kota Yogyakarta. Keberadaannya telah ada sejak awal zaman kemerdekaan Republik Indonesia dan konon pernah menjadi salah satu kesukaan mantan presiden ke dua Indonesia yaitu Bapak Soeharto. Sejak pertamakali berdiri warung bakmi jawa ini menempati halaman Pasar Prawirotaman dan saat ini menyewa salah satu kios yang berada di bagian depan pasar pada saat malam hari.

Bakmi Jawa Harjo Geno beralamat di pertokoan Pasar Prawirotaman Jalan Parangtritis Km 2 Yogyakarta. Merupakan salah satu wisata kuliner di kota Yogyakarta yang menyediakan bermacam-macam menu bakmi jawa.

Warung Bakmi Jawa Harjo Geno Pasar Prawirotaman Yogyakarta

Lokasi Bakmi Jawa Harjo Geno cukup mudah ditempuh karena masih di seputaran kota Yogyakarta dan berada di kawasan Pasar Prawirotaman yang cukup dikenal. Rute termudah menuju ke tempat ini dari perempatan Gondomanan ke arah selatan hingga tiba di perempatan Pojok Beteng Wetan. Pilihlah jalan lurus menuju ke arah Jalan Parangtritis. Ikuti jalan tersebut sejauh 300 meter dan posisi Pasar Prawirotaman berada di kiri jalan. Saat memarkir kendaraan, kita sudah mengetahui lokasi Warung Bakmi Jawa Harjo Geno yang berdampingan dengan warung kaki lima yang lain. Setelah memarkir motor, kami langsung menuju Warung Bakmi Harjo Geno untuk memesan menu yang tersedia.

Gerobag Bakmi Jawa Harjo Geno Yogyakarta

Ketika disambut oleh pelayan warung, kami langsung diberitahui berapa jumlah antrian orang yang memesan bakmi jawa. Untung saja kami hanya antri beberapa porsi saja sehingga tidak perlu waktu lama untuk menunggu antrian. Kami sengaja datang agak malam untuk menghindari waktu jam makam malam biasanya ramai pengunjung dan antrian pesanan cukup panjang. Sambil menunggu antrian, kami mencari tempat duduk yang kosong sambil memesan minuman.

Warung Bakmi Jawa Harjo Geno sejak tahun 1952 oleh Bapak Harjo Geno di area Pasar Prawirotaman. Pada tahun 1988, Bapak Harjo Geno meninggal dunia dan usaha warung bakmi jawa ini diteruskan oleh anak tertuanya hingga sekarang. Menurut informasi dan bukti berupa foto tua yang ditempel di warung, warung Bakmi Jawa Harjo Geno ini menjadi langganan mantan Presiden RI Soeharto.

Sajian Bakmi Rebus Khas Warung Bakmi Jawa Harjo Geno Yogyakarta

Warung Bakmi Jawa Harjo Geno ini dalam sekali masak hanya menghasilkan satu porsi saja sehingga wajar cukup lama waktu yang diperlukan untuk menunggu antrian pesanan. Secara turun temurun, warung bakmi jawa ini tidak masak dengan cara sekali masak untuk beberapa porsi karena selain ukuran wajan yang kecil juga rasa yang dihasilkan pasti kurang mantap. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bakmi jawa warung Harjo Geno ini merupakan bahan terbaik dan alami sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan enak. Akhirnya satu per satu pesanan kami disajikan di meja kami dan kami segera mencicipinya.

Sajian Bakmi Goreng Khas Warung Bakmi Jawa Harjo Geno Yogyakarta

Saat mencicipi kuahnya rasanya cukup gurih dan terasa kaldu ayam yang terbuat dari rebusan ayam kampung. Pemberian garam cukup pas dan tidak terasa penggunaan vetsin (msg) dalam pembuatan bakmi jawa ini. Potongan daging ayam kampung yang empuk berpadu dengan bakmi basah yang dibuat dengan cara tradisional. Tidak ketinggalan pula rasa yang dihasilkan dari pemanas dari arang yang unik dan berbeda ketika memasak menggunakan kompor gas. Disediakan potongan cabe dan merica bubuk di setiap meja makan untuk pelanggan yang hobi rasa pedas. Bagi kami rasa Bakmi Jawa Harjo Geno lebih enak daripada Bakmi Jawa Pele, Kadin, dan sebagainya, silakan coba bila anda tidak percaya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Bakmi Jawa Harjo Geno
Pasar Prawirotaman, Jl. Parangtritis Km 2 Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 18.00 s/d tengah malam

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    boleh dicoba ini klo kebetulan aq lg mencari peruntungan warung bakmi yang buka hampir larut malam, hahaha

  2. Angga:

    sederhan banget tempatnya, tapi klo dah terkenal gini gak bakal salah
    pasti mantep banget rasa bakmie nya *ngeces*
    maaf lama gak kesini mas

  3. mila:

    musti dicoba nih klo klo ke jogja lagi

Kirim pendapat