Bakmi Gandhok Yogyakarta, Cuma Menang Tidak Antri Lama dan Tempatnya Bersih

Bakmi Gandhok (Bakmi Gandok) merupakan warung bakmi jawa yang berada di sebelah barat Pasar Ngasem Yogyakarta. Warung ini belum lama berdiri dan keberadaannya melengkapi Gandhok Cafe yang ada di sebelahnya. Warung bakmi ini buka menjelang malam hingga tengah malam.

Bakmi Gandhok beralamat di Jl. Nogosari Lor No. 10, kelurahan Kadipaten, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta 55132.

Lokasi Bakmi Gandhok berada di sebelah barat Pasar Ngasem dan Istana Air Taman Sari Yogyakarta. Rute menuju warung ini dari Pasar Ngasem ke arah barat hingga menemui pertigaan kecil. Ambil jalan ke arah kiri atau ke selatan hingga menemui pertigaan kecil dimana pada sisi kiri jalan ada Angkringan Lincak BK. Pilih jalan ke kanan dan beberapa puluh meter sebelah kanan letak warung bakmi jawa tersebut. Area parkir yang disediakan cukup untuk menampung sekitar 6 (enam) kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua.

Warung Bakmi Gandhok menggunakan bangunan rumah tinggal yang disulap menjadi warung. Area garasi diubah menjadi dapur tempat memasak dan area halaman dan teras diubah menjadi tempat duduk pengunjung. Lampu-lampu cukup menerangi suasana sehingga kemasannya tidak terlihat sebagai warung bakmi jawa tradisional yang identik dengan lampu redup. Konsep berjualan warung bakmi jawa ini cukup modern layaknya rumah makan atau restoran dan hal ini mirip seperti keativitas Bakmi Jawa Mbah Gito dengan bangunan kandang sapinya.

Pengunjung yang baru datang di Warung Bakmi Gandhok dipersilakan duduk di meja kursi atau lesehan yang masih kosong. Pelayan akan mendatangi pengunjung untuk memberikan daftar menu dan mencatat pesanan. daftar menu berikut harga tertulis cukup jelas sehingga pengunjung tidak perlu ragu untuk memesan. Selanjutnya pesanan akan diberian kepada juru masak untuk disiapkan.

Baca Juga  Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul, Rasanya Berani Diadu

Warung Bakmi Gandhok memiliki banyak juru masak atau tukang masak untuk memasak hidangan bakmi jawa dan seluruh juru masak tersebut adalah wanita tanpa ada satu orang laki-laki. Tidak seperti warung bakmi jawa pada umumnya dimana mengedepankan satu atau dua juru masak dan didominasi oleh juru masak laki-laki atau pria. Hal tersebut beralasan untuk menjaga cita rasa dan kualitas masakan bakmi jawa. Namun kelebihannya, pengunjung atau pembeli tidak perlu mengantri lama karena pesanan segera selesai disiapkan.

Penyajian Bakmi Campur Nyemek di Warung Bakmi Gandhok menggunakan piring putih modern berukuran agak besar. Sepiring bakmi campur nyemek berisi bakmi kuning, bakmi putih (bihun), irisan kubis, irisan daun bawang, potongan daging ayam kampung, irisan cabe, taburan seledri, dan taburan bawang goreng. Kemasannya terlihat modern dan tidak tampak tradisional seperti penyajian bakmi jawa pada umumnya. Porsi bakmi campur nyemek tergolong standar namun cukup mengenyangkan. Potongan daging yang digunakan menggunakan daging ayam kampung dan jumlahnya cukup melimpah. Karakter bakmi nyemek adalah bakmi goreng dengan sedikit kuah sehingga terlihat kuah yang kental berwarna kecoklatan karena tersusun dari bumbu, kaldu ayam, telur ayam, dan kecap manis yang dicampur saat memasak.

Cita rasa yang ditawarkan Bakmi Campur Nyemek di Warung Bakmi Gandhok merupakan kombinasi rasa gurih dan rasa manis khas masakan Jawa. Namun cita rasa manis pada masakan ini masih dalam batas normal dan masih nyaman untuk dinikmati. Bumbu khas bakmi jawa kurang terasa atau bisa dibilang sedikit hambar meskipun kaldu ayam kampung terasa cukup gurih. Penggunaan bahan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (MSG) cukup terasa pada masakan ini. Harga yang ditawarkan agak mahal untuk ukuran warung makan di tengah-tengah perkampungan dan sediki tersembunyi dari keramaian pusat kota. Secara keseluruhan warung ini dapat menjadi alternatif dan pilihan terakhir bersantap bakmi jawa apabila warung bakmi jawa lain yang idak jauh dari tempat ini yaitu Bakmi Jawa Pak Pele, Bakmi Mataraman Mas Pet Bun, dan Bakmi Doring sedang ramai pengunjung, antrian pemesanan cukup panjang, atau mungkin sedang tutup. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Makanan

  • Bakmi (kuning/bihun/campur, goreng/godhog/nyemek): Rp 22.000,-
  • Bakmi + Jamur (kuning/bihun/campur, goreng/godhog/nyemek) : Rp 25.000,-
  • Nasi Goreng / Godhog : Rp 22.000,-
  • Magelangan : Rp 22.000,-
  • Capcay : Rp 25.000,-
  • Rica Balungan : Rp 22.000,-
  • Rica Ayam Kampung : Rp 30.000,-
Baca Juga  Kepik Sawah, Resto Pedesaan Dengan Pemandangan Persawahan

Tambahan

  • Telur/Ayam Suwir/Ati/RempeloKulit/Brutu/Usus : Rp 5.000,-
  • Uritan : Rp 8.000,-
  • Kepala/Sayap : Rp 13.000,-
  • Paha : Rp 18.000,-

*update 10 November 2019*

INFORMASI
Bakmi Gandhok
Jl. Nogosari Lor No. 10, kelurahan Kadipaten, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta 55132

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 1.00 s/d 23.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ahsan NF:

    mie godhog rasane joss mas.. wkwkwkkw

Kirim pendapat