Bakmi Doring, Legenda Bakmi Jawa Dari Suryowijayan Yogyakarta

Bakmi Doring, Legenda Bakmi Jawa Dari Suryowijayan Yogyakarta
3.7 (73.33%) 3 votes

Bakmi Doring merupakan salah satu legenda bakmi jawa di sekitar kota Yogyakarta selain Bakmi Kadin, Bakmi Jawa Pak Pele, Bakmi Jawa Pak Rebo, dan Bakmi Jawa Pak Geno. Namanya tidak sementereng warung bakmi jawa legendaris lainnya namun memiliki penikmat setia yang selalu menyempatkan hadir ketika kangen dengan hidangan bakmi jawa. Warung bakmi ini mulai buka sejak tahun 1984 dan tetap setia menempati bangunan yang saat ini terlihat kusam dan klasik.

Bakmi Doring terletak di Jalan Suryowijayan No. 348, kelurahan Gedongkiwo, kecamatan Mantrijeron, kota Yogyakarta 55142.

Lokasi Warung Bakmi Doring di dekat Pojok Beteng Kulon Pugeran Yogyakarta. Rute termudah dari Taman Parkir Bus Ngabean ke arah selatan hingga menemui perempatan lampu merah yang dikenal dengan nama perempatan Taman Sari. Pilih jalan lurus menuju arah Pojok Beteng atau Jalan Bantul kira-kira 300 meter. Perhatikan sisi kanan jalan ada gang masuk atau jalan masuk menuju perkampungan penduduk. Belok ke dalam gang tersebut dan sekitar 100 meter berselang sudah tiba di lokasi. Papan nama Warung Bakmi Doring juga terpasang di tepi jalan sehingga pengunjung tidak kesulitan mencari petunjuk arah menuju ke lokasi. Area parkir yang disediakan menggunakan area jalan dalam perkampungan. Sepertinya terlihat sempit namun dapat digunakan untuk parkir hingga beberapa minibus.

Warung Bakmi Doring menawarkan menu makanan yang sama seperti warung bakmi jawa lainnya seperti bakmi godog (mie rebus), bakmi goreng (mie goreng), bakmi nyemek (mie basah), nasi goreng, nasi goreng magelangan. Sedang menu minuman terlihat menarik seperti teh poci, jeruk panas, jahe gepuk panas, es tape, dan wedang uwuh.

Penyajian menu Bakmi Goreng di Warung Bakmi Doring menggunakan piring datar berwarna putih. Sepiring bakmi goreng terdiri dari bakmi goreng, taburan sledri, dan kerupuk terasi. Kerupuk terasi disajikan terpisah pada wadah toples kecil. Porsi bakmi goreng terbilang standar namun cukup mengenyangkan. Potongan daging yang digunakan menggunakan daging ayam negeri dan jumlahnya cukup melimpah. Penampilan keseluruhannya tidak tampak berminyak atau tidak menggunakan minyak yang berlebihan.

Cita rasa yang ditawarkan Bakmi Goreng di Warung Bakmi Doring merupakan kombinasi rasa gurih dan rasa manis khas masakan Jawa. Namun cita rasa manis pada masakan ini masih dalam batas normal dan masih nyaman untuk dinikmati. Bumbu khas bakmi jawa cukup terasa dan bagi saya pribadi terasa cukup pas dilidah. Sebagai pelengkap menikmati bakmi Jawa, di meja makan disediakan cabe rawit untuk menambah cita rasa pedas. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan tergolong mahal karena warung bakmi jawa ini telah memiliki nama, melegenda, dan menjadi tujuan kuliner wajib wisatawan yang datang ke Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Bakmi Doring
  • 7.4/10
    Bakmi Goreng - 7.4/10
7.4/10
INFORMASI
Bakmi Doring
Jl. Suryowijayan No. 348, kelurahan Gedongkiwo, kecamatan Mantrijeron, kota Yogyakarta 55142

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 24.00 WIB

Kirim pendapat