Mengenal Bagian-Bagian Busi

Berikut adalah bagian-bagian dalam busi antara lain:

  • Terminal. Terminal merupakan bagian atas busi yang dihubungkan dengan sistem pengapian.
  • Insulator. Insulator merupakan pembungkus center elektroda. Bagian utama dari insulator terbuat dari porselen atau keramik berfungsi untuk memberikan dudukan mekanis terhadap center elektroda agar listrik tegangan tinggi dapat terinsulasi. Panas keramik juga membantu membakar deposit kerak.
  • Ribs. Ribs merupakan keramik atas yang membungkus terminal yang berhubungan dengan cop busi. Dengan memperpanjang permukaan antara terminal tegangann tinggi dan metal case dengan ground dari busi, maka bentuk fisik dari rib memberikan fungsi untuk meningkatkan insulasi listrik dan mencegah kebocoran energi listrik sepanjang permukaan insulator dari teminal metal case.
  • Insulator Tip. Insulator tip merupakan bagian ujung insulator yang masuk ke dalam ruang bakar mesin. Bagian ini dituntut mampu menahan temperatur tinggi dan menjaga insulasi elektrik. Untuk mencegah elektroda kepanasan, bagian ini harus memiliki konduktifitas panas yang baik.
  • Seals. Seals merupakan bagian yang berfungsi untuk mencegah kebocoran dari ruang bakar mesin.
  • Metal case. Metal case berfungsi untuk mengikat panas dari insulator dan menyalurkan ke silinder cop. Metal case juga berfungsi sebagai ground bagi spark melalui center elektroda ke side elektroda.
  • Center Elektroda. Center Elektroda merupakan komponen yang terhubung ke terminal melalui kabel initernal dan tahanan keramik untuk mengurangi emisi gangguan radio yang dihasilkan dari pengapian. Ujungnya dapat terbuat dari kombinasi copper, nickel-iron chromium atau metal bernilai tinggi. Dan side elektroda atau ground elektroda terbuat dari nickel steel dan dipatrikann di sisi meral case.

Kirim pendapat