Babi Bangka, Babi Lokal Dari Kepulauan Babel

Babi Bangka, Babi Lokal Dari Kepulauan Babel
2 (40%) 1 vote

Babi Bangka merupakan ternak babi yang berasal dari Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Asal usul babi ini berasal dari negeri China yang dibawa oleh para pedagang ke pulau Bangka. Babi ini kemudian didomestikasi dan berkembang pesat di wilayah Bangka Belitung. Ada pendapat lain bahwa Babi Bangka merupakan hasil persilangan dari Babi Polland China (Sus vittatus) dengan babi lokal atau babi liar.

Babi Bangka Betina Dewasa

Babi Bangka memiliki cirikhas yang unik dimana memiliki 3 (tiga) warna yaitu pada bagian atas atau punggung berwarna hitam, pada sisi samping ada sedikit warna abu-abu, dan pada bagian bawah atau area perut hingga kaki berwarna pink. Ciri-ciri lain yaitu ukuran tubuh agak kecil dibandingkan babi dari Eropa, telinga pendek berdiri tegak, ukuran kepala kecil, moncong pendek dan melebar, badan agak tegak, kaki pendek, berat badan ternak babi dewasa mencapai 50 kg.

Babi Bangka diternakkan secara tradisional oleh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. Belum ada pemeliharaan secara intensif untuk jenis babi ini. Sebagian besar ternak babi masih dibiarkan berkeliaran secara bebas di belakang rumah dan tidak dikandangkan. Babi Bangka yang telah dewasa sering digunakan untuk upacara keagamaan dan diolah menjadi kuliner babi panggang khas Bangka. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat