Ayam Bakar Tamsis Yogyakarta, Manis Gurih Menjadi Satu

Warung Ayam Bakar Tamsis merupakan salah satu warung makan kakilima di Yogyakarta dengan menu andalan berupa ayam bakar. Warung ini pertama kali membuka dagangannya di trotoar depan Asrama Mahasiswa Aceh atau sebelah timur Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan. Saat ini warung ini memiliki dua buah cabang yang berada di dalam gang Taman Siswa dan Jalan Wonosari Yogyakarta.

Warung Ayam Bakar Tamsis beralamat di Jl. Tamansiswa, Pronocitro MG II/719 Yogyakarta. Menyediakan menu utama berupa ayam bakar disamping ada menu lain seperti ayam goreng, bebek goreng, ikan bakar, ikan goreng, pepes ikan, dan sebagainya.

Logo Ayam Bakar Tamsis Yogyakarta

Suasana Warung Ayam Bakar Tamsis menjelang malam hari tampak ramai dengan tikar lesehan yang hampir penuh terisi dan beberapa meja kursi telah dipenuhi pengunjung. Namun hal tersebut tidak mengurangi niat untuk mampir di warung ini. Untung saja masih ada meja yang masih kosong untuk kami tempati. Misalkan tempat duduk penuh terisi pengunjung dipersilakan menunggu hingga kursi kosong.

Saat ini telah ada alternatif lain tanpa harus menunggu yaitu pindah ke salah satu cabang Ayam Bakar Tamsis yang berada didalam kampung tepatnya di gang masuk Jalan Taman Siswa. Warung Ayam Bakar Tamsis yang baru ini menggunakan bangunan permanen dimana terdapat area parkir yang luas dan tempat duduk yang cukup banyak.

Meja Kursi Cabang Warung Ayam Bakar Tamsis Yogyakarta

Daftar menu Warung Ayam Bakar Tamsis cukup lengkap dengan informasi daftar harga sehingga bisa memperkirakan biaya yang akan dibayar. Tanpa ragu saya memesan menu utama berupa ayam potong bakar. Bila kurang suka dengan ayam potong, tersedia juga ayam kampung atau menu lain seperti bebek dan beberapa jenis ikan air tawar.

Baca Juga  Awor Gallery & Coffee, Tempat Nongkrong Pecinta Kamera Dan Kopi

Dengan cekatan pelayan Warung Ayam Bakar Tamsis segera mempersiapkan pesanan saya dan tidak lama kemudian pesanan tersaji di meja. Dalam sepiring nasi yang dicetak berbentuk lingkaran terdapat potongan ayam bakar yang cukup besar dan lalapan daun kemangi, potongan kubis, sera potongan ketimun.

Sajian Ayam Bakar Tamsis Yogyakarta

Rasa ayam bakar di warung ini didominasi rasa manis, gurih, dan sedikit asin. Bumbu kecap mungkin menjadi penyebab rasa manis meskipun bumbunya cukup meresap ke dalam daging. Namun bila anda kurang suka rasa manis atau bumbu kecap pada ayam bakar bersiap-siaplah kecewa atau memilih menu lain selain lauk yang dibakar. Tekstur daging cukup lembut sepertinya proses pemasakan daging sudah cukup baik dan membuat daging matang secara merata.

Porsi nasi yang disajikan terbilang cukup untuk bersantap malam dan rasanya cukup pulen. Sambal matang yang disediakan di meja terasa pedas bercampur manis. Namun bila kurang menyukai sambal yang disediakan di meja, dalam daftar menu terdapat jenis sambal lain yang sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu terdapat beberapa jenis sayur tumis yang menarik untuk dicicipi seperti ca kangkung, ca sawi, dan sebagainya.

Meskipun bukan termasuk kuliner ayam bakar terenak di Yogyakarta, Ayam Bakar Tamsis masih menjadi pilihan sebagian masyarakat Yogyakarta untuk bersantap ayam bakar. Bagi saya daya tarik rasa dan porsi Ayam bakar Tamsis lebih baik dibandingkan Lesehan Sayidan yang lebih mengedepankan suasana warung di tepi sungai dibandingkan rasa. Harga yang ditawarkan terbilang cukup murah dan hampir sama dengan warung kakilima yang lain. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Geblek Pari Nanggulan, Kuliner Khas Kulon Progo Di Pinggir Persawahan

CABANG

Jl. Taman Siswa (Kakilima Depan LP Wirogunan)

Jl. Taman Siswa Gg. Pronocitro MG II/719 Yogyakarta Telp: (0274) 386984

Jl. Wonosari Km 8 Yogyakarta

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja Dot Com:

    dulu baru 1 aja ya warung nya, sekarang sudah punya cabang, mantap banget, prospek makanan ayam bakar di malam hari di jogja masih sangat bagus ^^

Kirim pendapat