Aturan Penggunaan Skuter Elektris Di Indonesia

Aturan penggunaan E-Scooter (skuter elektris/otoped listrik) di Indonesia yang wajib dipahami demi keselamatan berkendara di jalanan.

1. Batasan Usia

Pengguna e-scooter atau skuter listrik di beberapa negara tidak diperkenankan untuk anak dibawah usia 12 (duabelas) tahun dan sebagian lain tidak diperkenankan dibawah usia 16 (enambelas) tahun. Di Indonesia sendiri sementara ini belum ada aturan yang baku namun disarankan digunakan oleh remaja atau orang dewasa. Kewajiban utama pengguna skuter eletrik ini sudah mengetahui aturan dan rambu-rambu lalu lintas seperti pengguna kendaraan yang lain.

2. Batasan Kecepatan

E-Scooter atau skuter elektris memiliki kecepatan maksimal yang berbeda-beda berdasarkan merk produk dan tipenya. Beberapa negara menyarankan penggunaan skuter elektris dengan batas kecepatan maksimal sebesar 20 km/jam.

3. Jalur Yang Dilalui

E-Scooter atau skuter elektris dikategorikan sebagai kendaraan kecil termasuk diantaranya sepeda. Jalur yang dilalui skuter listrik bisa melewati jalur pedestrian, jalur khusus sepeda dan jalan umum. Disarankan tidak menggunakannya di jalur pejalan kaki atau trotoar yang sempit karena akan mengganggu kenyamanan pejalan kaki.

Baca Juga  Inilah 7 Tips Keselamatan Skuter Elektris Di Jalan Raya

Kirim pendapat