Asal Usul Mie Ayam Sarirasa Jatiayu

Asal Usul Mie Ayam Sarirasa Jatiayu
4 (80%) 1 vote

Hidangan kuliner Mie Ayam Sarirasa Jatiayu memang terdengar tidak asing bagi para penikmat dan penggemar kuliner mie ayam khususnya yang pernah dan tinggal di kota Yogyakarta. Nama kuliner ini pertama kali dipopulerkan oleh warung MIe Ayam Bu Tumini yang berada di sebelah utara Terminal Bus Giwangan Yogyakarta. Setelah beberapa tahun Warung Mie Ayam Bu Tumini menggunakan nama brand/merk mie ayam ini, barulah warung-warung lain turut serta menggunakan nama tersebut. Sebut saja warung Mie Ayam Pak Darto di Jalan Imogiri Timur, warung mie ayam Kang Slamet di daerah Kotagede, dan sebagainya. Karakteristik rasa yang ditawarkan pun cukup khas dimana cita rasa yang ditawarkan cenderung manis dan gurih tanpa adanya cita rasa asin seperti sajian mie ayam Jakarta atau yammie ayam.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa nama Jatiayu pada brand/merk Mie Ayam Sarirasa Jatiayu adalah nama suatu tempat ataud daerah. Jatiayu adalah nama sebuah desa di kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya berada di sebelah timur laut dari kota Wonosari. Desa ini menjadi kampung halaman para penjual mie ayam yang merantau ke kota Yogyakarta dan sekitarnya. Jadi dapat dipastikan bahwa nama warung mie ayam yang menggunakan nama Mie Ayam Sarirasa Jatiayu merupakan warung mie ayam yang penjualnya atau pemiliknya berasal dari Gunungkidul. Penguatan nama Jatiayu pada nama warung mie ayam dan bukan menggunakan nama Gunungkidul sepertinya memunculkan sedikit pertanyaan. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa cita rasa mie ayam Jatiayu berbeda dengan mie ayam khas Gunungkidul pada umumnya. Ciri-ciri fisik pun terlihat menonjol saat membedakan Mie Ayam Sarirasa Jatiayu dengan mie ayam khas Gunungkidul dimana topping dan kuah mie ayam dari Jatiayu ini terlihat kental. Selain itu cita rasanya lebih manis dan gurih dengan bumbu rempah yang sedikit kuat. Sedangkan mie ayam khas Gunungkidul sendiri cita rasanya mapir sama dengan mie ayam khas Wonogiri yang cenderung agak manis atau cita rasa manis yang standar.

Beberapa nama warung mie ayam di sekitar Yogyakarta yang cukup terkenal menggunakan nama Sarirasa Jatiayu antara lain

1. Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini (Ibu Tumini) merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Sarirasa Jatiayu yang berada di sebelah utara Terminal Giwangan. Keberadaan warung mie ayam ini cukup terkenal dan menjadi salah satu kuliner wajib penggemar mie ayam yang datang berwisata ke Yogyakarta. Warung mie ayam ini buka setiap hari menjelang siang hari hingga sore hari atau habis.

Baca artikel selengkapnya di Mie Ayam Tumini, Mie Ayam Jawa Terenak di Selatan Jogja

2. Mie Ayam Pak Darto

Mie Ayam Pak Darto merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Sarirasa Jatiyu yang berada di Jalan Imogiri Bantul. Tepatnya berada Jalan Imogiri Timur km 12, dusun Bembem, desa Trimulyo, kecamatan Jetis, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Warung mie ayam ini buka setiap hari menjelang siang hari hingga malam hari atau habis.

Baca artikel selengkapnya di Mie Ayam Sarirasa Jatiayu Pak Darto Bantul, Cita Rasanya Sama Dengan Mie Ayam Tumini

3. Mie Ayam Kang Slamet

Mie Ayam Kang Slamet merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Sarirasa Jatiyu yang berada di Jalan Karanglo, Ngori, Kotagede, Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal oleh pecinta kuliner mie ayam di sekitar Kotagede. Warung mie ayam ini buka setiap hari menjelang siang hari hingga malam hari atau habis.

Baca artikel selengkapnya di Mie Ayam Kang Slamet, Karakteristik Sarirasa Jatiayu Di Timur Kotagede

4. Mie Ayam dan Bakso Andhini

Mie Ayam Dan Bakso Andhini merupakan daya tarik kuliner mie ayam khas Sarirasa Jatiyu yang berada di Jalan Imogiri Barat, Kabupaten Bantul.

 

Kirim pendapat